Sinaga, Nella Charolin (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS XI IPA SMAN 1 GIRSANG SIPANGAN BOLON T.P. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203141016_Cover.pdf
Download (209kB)
4203141016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (614kB)
4203141016_Abstrak.pdf
Download (249kB)
4203141016_Kata_Pengantar.pdf
Download (253kB)
4203141016_Daftar_Isi.pdf
Download (263kB)
4203141016_Daftar_Gambar.pdf
Download (246kB)
4203141016_Daftar_Tabel.pdf
Download (246kB)
4203141016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (253kB)
4203141016_BAB_I.pdf
Download (368kB)
4203141016_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (887kB)
4203141016_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (477kB)
4203141016_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (571kB)
4203141016_BAB_V.pdf
Download (247kB)
4203141016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (483kB)
4203141016_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon T.P.2023/2024. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Pretest-Posttest Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 130 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa kelas XI IPA. Kelas XI IPA 1 yang berjumlah 30 orang digunakan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Problem Based Learning dan kelas XI IPA 4 yang berjumlah 30 orang digunakan sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen berupa pretest sebesar 38,33 dan posttest sebesar 79,33 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar berupa pretest sebesar 36,67 dan posttest sebesar 55,5. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t (Independent Sample T-test) dengan bantuan software SPSS 29. Berdasarkan hasil uji hipotesis Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 yang berarti model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon T.P. 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Problem Based Learning, hasil belajar, sistem pernapasan manusia |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 26 Mar 2025 02:48 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 06:50 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61812 |
