Pratiwi, Nadia Dwi (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SIRKULASI MANUSIA DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 18 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
4173341045_Cover.pdf
Download (109kB)
4173341045_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (359kB)
4173341045_Abstrak.pdf
Download (188kB)
4173341045_Kata_Pengantar.pdf
Download (262kB)
4173341045_Daftar_Isi.pdf
Download (192kB)
4173341045_Daftar_Gambar.pdf
Download (183kB)
4173341045_Daftar_Tabel.pdf
Download (183kB)
4173341045_Daftar_Lampiran.pdf
Download (182kB)
4173341045_BAB_I.pdf
Download (200kB)
4173341045_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (619kB)
4173341045_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (492kB)
4173341045_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (377kB)
4173341045_BAB_V.pdf
Download (186kB)
4173341045_Daftar_Pustaka.pdf
Download (197kB)
4173341045_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 18 Medan pada materi Sistem Sirkulasi Manusia Tahun Pembelajaran 2023/2024 berdasarkan aspek kognitif dan indikator pembelajaran serta menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 72 siswa dari kelas XI MIPA 4 dan 5 yang diperoleh melalui teknik random sampling. Pengambilan data melalui tes diagnostik dan angket tertutup. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis gejala pusat, ketuntasan belajar klasikal, dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa berdasarkan aspek kognitif pada materi sistem sirkulasi manusia di kelas XI MIPA SMA Negeri 18 Medan berada pada kategori rendah secara keseluruhan, namun terdapat variasi tingkat kesulitan yang berbeda pada setiap level kognitif, dengan level kognitif yang lebih tinggi seperti evaluasi menunjukkan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan level kognitif yang lebih rendah. Selanjutnya, siswa mengalami kesulitan yang lebih besar pada indikator pembelajaran yang melibatkan analisis, evaluasi, dan aplikasi konsep-konsep terkait peredaran darah. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa meliputi faktor internal, yaitu intelegensi atau kemampuan kognitif siswa, dan faktor eksternal, yaitu metode pembelajaran yang digunakan oleh guru serta peran orang tua dalam mendukung proses belajar siswa, sedangkan faktor-faktor lain memberikan pengaruh yang relatif kecil.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kesulitan belajar, ranah kognitif, indikator pembelajaran, sistem sirkulasi manusia |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 25 Mar 2025 07:36 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 06:16 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61804 |
