Nasution, Nabila Halim (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4201141005_Cover.pdf
Download (40kB)
4201141005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (342kB)
4201141005_Abstrak.pdf
Download (186kB)
4201141005_Kata_Pengantar.pdf
Download (139kB)
4201141005_Daftar_Isi.pdf
Download (94kB)
4201141005_Daftar_Gambar.pdf
Download (116kB)
4201141005_Daftar_Tabel.pdf
Download (183kB)
4201141005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (188kB)
4201141005_BAB_I.pdf
Download (217kB)
4201141005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (618kB)
4201141005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (752kB)
4201141005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (763kB)
4201141005_BAB_V.pdf
Download (120kB)
4201141005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (215kB)
4201141005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Binjai tahun pembelajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan cluster sampling sehingga ditetapkan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen (XI MIA2) dan kelas kontrol (XI MIA5) dengan jumlah siswa 33 orang . Teknik pengambilan data melalui instrumen soal literasi sains pada materi sistem ekskresi sebanyak 20 soal dengan bentuk pilihan berganda sesuai dengan frame work PISA menggunakan tiga kompetensi literasi yakni kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, serta menafsirkan data dan bukti secara ilmiah. Rata-rata nilai postes kelas model PBM adalah 81,67 sementara rata-rata nilai postes kelas kontrol adalah 61,06. Uji hipotesis dilakukan dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh hasil H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan literasi sains siswa yang menggunakan PBM dengan pembelajaran langsung.Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Binjai
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Literasi Sains, Pembelajaran Berbasis Masalah, Sistem Ekskresi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 25 Mar 2025 07:26 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 06:06 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61803 |
