PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM

Pramesti, Mutiara Ardia (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203141054_Cover.pdf] Text
4203141054_Cover.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 4203141054_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203141054_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 4203141054_Abstrak.pdf] Text
4203141054_Abstrak.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4203141054_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203141054_Kata_Pengantar.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 4203141054_Daftar_Isi.pdf] Text
4203141054_Daftar_Isi.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4203141054_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203141054_Daftar_Gambar.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 4203141054_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203141054_Daftar_Tabel.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 4203141054_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203141054_Daftar_Lampiran.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 4203141054_BAB_I.pdf] Text
4203141054_BAB_I.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 4203141054_BAB_II.pdf] Text
4203141054_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[thumbnail of 4203141054_BAB_III.pdf] Text
4203141054_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[thumbnail of 4203141054_BAB_IV.pdf] Text
4203141054_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[thumbnail of 4203141054_BAB_V.pdf] Text
4203141054_BAB_V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4203141054_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203141054_Daftar_Pustaka.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 4203141054_Lampiran.pdf] Text
4203141054_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik merupakan salah satu sumber belajar untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga terbentuk interaksi antara peserta didik dengan guru dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan LKPD, respon guru terhadap LKPD, respon peserta didik terhadap LKPD dan tingkat efektivitas penggunaan LKPD. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 14 Medan di Jalan Pelajar Gg. Darmo Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan april sampai mei 2024. Model pengembangan pada LKPD ini model 4D yang meliputi tahapan definisi (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Instrumen dalam penelitian ini yaitu; lembar angket penilaian oleh ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli media; lembar angket respon guru bidang studi dan peserta didik dan instrumen tes peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari ahli materi (87,5%), ahli pembelajaran (98,33%) dan ahli desain (85,41%) dengan kriteria sangat layak. Respon guru bidang studi terhadap LKPD berbasis discovery learning pada materi ekosistem yang dikembangkan termasuk dikategorikan sangat baik (94,79%). Respon peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning pada materi ekosistem dikategorikan sangat baik (91,52%). Keefektifan LKPD Berbasis Discovery Learning yang dikembangkan oleh peneliti pada materi ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik termasuk dalam kategori sedang atau cukup efektif (N-gain = 0,66).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Ekosistem, Discovery Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Mar 2025 07:14
Last Modified: 04 Aug 2025 05:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61801

Actions (login required)

View Item
View Item