PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM

Pramesti, Mutiara Ardia (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203141054_Cover.pdf] Text
4203141054_Cover.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 4203141054_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203141054_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 4203141054_Abstrak.pdf] Text
4203141054_Abstrak.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4203141054_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203141054_Kata_Pengantar.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 4203141054_Daftar_Isi.pdf] Text
4203141054_Daftar_Isi.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4203141054_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203141054_Daftar_Gambar.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 4203141054_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203141054_Daftar_Tabel.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 4203141054_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203141054_Daftar_Lampiran.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 4203141054_BAB_I.pdf] Text
4203141054_BAB_I.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 4203141054_BAB_V.pdf] Text
4203141054_BAB_V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4203141054_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203141054_Daftar_Pustaka.pdf

Download (233kB)

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik merupakan salah satu sumber belajar untuk
membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga
terbentuk interaksi antara peserta didik dengan guru dan dapat meningkatkan
hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat
kelayakan LKPD, respon guru terhadap LKPD, respon peserta didik terhadap
LKPD dan tingkat efektivitas penggunaan LKPD. Penelitian ini dilakukan di
SMA Negeri 14 Medan di Jalan Pelajar Gg. Darmo Kecamatan Medan Denai,
Kota Medan, Sumatera Utara. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan
april sampai mei 2024. Model pengembangan pada LKPD ini model 4D yang
meliputi tahapan definisi (define), perancangan (design), pengembangan
(development), dan penyebaran (disseminate). Instrumen dalam penelitian ini
yaitu; lembar angket penilaian oleh ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli media;
lembar angket respon guru bidang studi dan peserta didik dan instrumen tes
peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari ahli materi
(87,5%), ahli pembelajaran (98,33%) dan ahli desain (85,41%) dengan kriteria
sangat layak. Respon guru bidang studi terhadap LKPD berbasis discovery
learning pada materi ekosistem yang dikembangkan termasuk dikategorikan
sangat baik (94,79%). Respon peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery
learning pada materi ekosistem dikategorikan sangat baik (91,52%). Keefektifan
LKPD Berbasis Discovery Learning yang dikembangkan oleh peneliti pada materi
ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik termasuk dalam
kategori sedang atau cukup efektif (N-gain = 0,66)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Ekosistem, Discovery Learning, 4 D.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Mar 2025 07:14
Last Modified: 25 Mar 2025 07:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61801

Actions (login required)

View Item
View Item