DEVELOPMENT OF DIGITAL-BASED COMIC ON ENVIRONMENTAL CHANGE MATERIAL IN CLASS X OF SMA NEGERI 7 MEDAN ACADEMIC YEAR 2023/2024

Sianturi, Magda Martiana (2024) DEVELOPMENT OF DIGITAL-BASED COMIC ON ENVIRONMENTAL CHANGE MATERIAL IN CLASS X OF SMA NEGERI 7 MEDAN ACADEMIC YEAR 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173342006_Cover.pdf] Text
4173342006_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4173342006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173342006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 4173342006_Abstrak.pdf] Text
4173342006_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4173342006_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173342006_Kata_Pengantar.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 4173342006_Daftar_Isi.pdf] Text
4173342006_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4173342006_Daftar_Gambar.pdf] Text
4173342006_Daftar_Gambar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4173342006_Daftar_Tabel.pdf] Text
4173342006_Daftar_Tabel.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4173342006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4173342006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4173342006_BAB_I.pdf] Text
4173342006_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4173342006_BAB_V.pdf] Text
4173342006_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4173342006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173342006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan komik berbasis digital pada materi perubahan lingkungan. Subjek dalam penelitian ini melibatkan beberapa validator, yang terdiri dari validator ahli materi, validator ahli pembelajaran, validator ahli media, guru biologi SMAN 7 Medan, dan 34 orang siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima langkah, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan komik berbasis digital yang dapat membantu membangun perhatian siswa, memotivasi, media komik diharapkan dapat membangkitkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif. Validasi dari ahli materi diperoleh rata-rata 95,00% yang dikategorikan ke dalam kategori sangat baik, validasi dari pembelajaran diperoleh rata-rata 93,18% yang dikategorikan ke dalam kategori sangat baik, validasi dari ahli media diperoleh rata-rata 95,00% yang dikategorikan ke dalam kategori sangat baik, penilaian guru biologi terhadap komik berbasis digital diperoleh rata-rata 97 50% yang dikategorikan ke dalam kategori sangat baik, respon siswa terhadap komik berbasis digital diperoleh rata-rata 97,64% yang dikategorikan ke dalam kategori baik, hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan efektif untuk mencapai indikator pembelajaran pada materi perubahan lingkungan ditinjau dari uji N-gain dengan kategori sedang yaitu sebesar 0,65%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa komik berbasis digital pada materi perubahan lingkungan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Komik Digital, Perubahan Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Mar 2025 06:24
Last Modified: 25 Mar 2025 06:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61796

Actions (login required)

View Item
View Item