PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA

Safitri, Lilis (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203141015_Cover.pdf] Text
4203141015_Cover.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4203141015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203141015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 4203141015_Abstrak.pdf] Text
4203141015_Abstrak.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 4203141015_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203141015_Kata_Pengantar.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 4203141015_Daftar_Isi.pdf] Text
4203141015_Daftar_Isi.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 4203141015_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203141015_Daftar_Gambar.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 4203141015_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203141015_Daftar_Tabel.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 4203141015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203141015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of 4203141015_BAB_I.pdf] Text
4203141015_BAB_I.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of 4203141015_BAB_V.pdf] Text
4203141015_BAB_V.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of 4203141015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203141015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (565kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD), respon guru terhadap e-LKPD, respon jawaban siswa terhadap e-LKPD, dan pengaruh penggunaan e-LKPD terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilakukan di sekolah MAN 3 Medan pada bulan Mei 2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar angket penilaian ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli media; lembar angket respon guru dan instrumen tes hasil belajar. e-LKPD yang dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli media. e-LKPD diujicobakan di kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD berbasis problem based learning yang dikembangkan pada materi perubahan lingkungan di MAN 3 Medan dikategorikan sangat layak menurut ahli materi (92,8%) dan ahli pembelajaran (97,22%), sedangkan menurut ahli media dikategorikan layak (72,91%). Hasil respon guru terhadap e-LKPD berbasis problem based learning yang dikembangkan tergolong sangat baik (97,91%). Hasil respon jawaban siswa terhadap e-LKPD mendapatkan nilai rata-raat sebesar 91,44, dan ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah menggunakan e-LKPD berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA 4 MAN 3 Medan. Berdasarkan hasil kelayakan ahli, respon guru, respon siswa, dan tes hasil belajar dapat diketahui bahwa e-LKPD berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: e-LKPD, Problem Based Learning, Perubahan Lingkungan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Mar 2025 04:54
Last Modified: 25 Mar 2025 04:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61795

Actions (login required)

View Item
View Item