Safitri, Lilis (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203141015_Cover.pdf
Download (226kB)
4203141015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (336kB)
4203141015_Abstrak.pdf
Download (239kB)
4203141015_Kata_Pengantar.pdf
Download (358kB)
4203141015_Daftar_Isi.pdf
Download (246kB)
4203141015_Daftar_Gambar.pdf
Download (325kB)
4203141015_Daftar_Tabel.pdf
Download (328kB)
4203141015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (430kB)
4203141015_BAB_I.pdf
Download (464kB)
4203141015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (707kB)
4203141015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (894kB)
4203141015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4203141015_BAB_V.pdf
Download (388kB)
4203141015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (565kB)
4203141015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD), respon guru terhadap e-LKPD, respon jawaban siswa terhadap e-LKPD, dan pengaruh penggunaan e-LKPD terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilakukan di sekolah MAN 3 Medan pada bulan Mei 2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar angket penilaian ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli media; lembar angket respon guru dan instrumen tes hasil belajar. e-LKPD yang dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli media. e-LKPD diujicobakan di kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD berbasis problem based learning yang dikembangkan pada materi perubahan lingkungan di MAN 3 Medan dikategorikan sangat layak menurut ahli materi (92,8%) dan ahli pembelajaran (97,22%), sedangkan menurut ahli media dikategorikan layak (72,91%). Hasil respon guru terhadap e-LKPD berbasis problem based learning yang dikembangkan tergolong sangat baik (97,91%). Hasil respon jawaban siswa terhadap e-LKPD mendapatkan nilai rata-raat sebesar 91,44, dan ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah menggunakan e-LKPD berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA 4 MAN 3 Medan. Berdasarkan hasil kelayakan ahli, respon guru, respon siswa, dan tes hasil belajar dapat diketahui bahwa e-LKPD berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | e-LKPD, Problem Based Learning, Perubahan Lingkungan. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 25 Mar 2025 04:54 |
| Last Modified: | 31 Jul 2025 07:13 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61795 |
