Simbolon, Vipta Nova Mariana (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KONSTEKTUAL BERBANTUAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN KELAS X DI SMA N 1 SUMBUL. Undergraduate thesis, UNIMED.
4201121009_Cover.pdf
Download (179kB)
4201121009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (515kB)
4201121009_Daftar_Isi.pdf
Download (610kB)
4201121009_Daftar_Gambar.pdf
Download (541kB)
4201121009_Daftar_Tabel.pdf
Download (345kB)
4201121009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (90kB)
4201121009_BAB_I.pdf
Download (968kB)
4201121009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4201121009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (922kB)
4201121009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (462kB)
4201121009_BAB_V.pdf
Download (72kB)
4201121009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (234kB)
4201121009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (885kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul berbasis Kontekstual pada materi energi terbarukan dengan menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker di SMAN 1 Sumbul, engetahui keefektifan e-modul dan mengetahui tingkat kepraktisan penggunaan e-modul. Penelitian ini menggunakan
metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE pada setiap tahapannya analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian meliputi validator ahli materi, ahli media, guru fisika, dan peserta didik. Hasil penilaian tingkat kelayakan diperoleh dari validator ahli materi 92,91% dengan kategori sangat layak, validator ahli media 92,66% dengan kategori sangat
layak. Uji kepraktisan guru fisika 93% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian persentase tingkat kepraktisan respon peserta didik terhadap penggunaan emodul
berbasis kontekstual yang telah dikembangkan 94,70% dengan kategori memuaskan. Tingkat keefektifan e-modul diperoleh N-Gain sebesar 0,66 dengan kategori sedang dan effect size 3,91. Tingkat keefektifan e-modul berbasis pendekatan kontektual pada materi energi terbarukan dinyatakan layak, efektif dan praktis dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | E-modul; Pendekatan kontekstual; Kvisoft flipbook maker; Energi terbarukan; Bahan ajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 21 Mar 2025 08:31 |
| Last Modified: | 01 Jul 2025 08:20 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61758 |
