Purba, Yolanda Ezerin (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 1 DOLOKSANGGUL T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 3203321020_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321020_Cover.pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of 3203321020_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (231kB)
![[thumbnail of 3203321020_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321020_Abstrak.pdf
Download (151kB)
![[thumbnail of 3203321020_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321020_Kata_Pengantar.pdf
Download (221kB)
![[thumbnail of 3203321020_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321020_Daftar_Gambar.pdf
Download (196kB)
![[thumbnail of 3203321020_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321020_Daftar_Tabel.pdf
Download (198kB)
![[thumbnail of 3203321020_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (197kB)
![[thumbnail of 3203321020_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321020_Daftar_Isi.pdf
Download (266kB)
![[thumbnail of 3203321020_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321020_BAB_I.pdf
Download (312kB)
![[thumbnail of 3203321020_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321020_BAB_V.pdf
Download (176kB)
![[thumbnail of 3203321020_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (246kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran film dokumenter terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Doloksanggul.
Desain dari penelitian ini adalah quasi eksperimen design dengan Pretest-Posttest Non Equivalent Control Group Design. SubJek dari penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Metode pemilihan subyek penelitian yang digunakan adalah setelah mengetahui homogenitas tiap kelas, jika ada dua kelas yang homogen maka langsung dijadikan sampelnya. Tetapi jika lebih dari dua kelas maka dilakukan teknik random sampling. Terdapat dua kelas yang dapat dijadikan subjek penelitian yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (post-test) setelah diberi perlakuan (treatment). Uji validitas instrument dilakukan dengan expert judgment dan untuk instrumen tes hasil belajar ditambah dengan analisis butir soal yaitu dengan menghitung Tingkat kesukaran dan daya pembedanya. Selain itu juga dilakukan uji validitas untuk kelayakan media pembelajarannya oleh expert judgment. Uji reabilitas untuk instrumen tes hasil belajar dihitung dengan rumus Kuder- Richardson (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik uji t dengan satu ekor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh dengan diterapkannya media pembelajaran film dokumenter. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran film dokumenter lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t dengan satu ekor data hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa t hitung yaitu sebesar 6,207 lebih besar dibandingkan dengan t tabel yang hanya sebesar 2,000. Selain itu rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan media pembelajaran film dokumenter yaitu sebesar 80,14. Lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan menggunakan media pembelajaran power point yang hanya sebesar 70,27.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Film Dokumenter, Hasil Belajar, Sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 08:52 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61751 |