PENGEMBANGAN KOMIK PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS WEB DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Simanjuntak, Naomi Sena (2024) PENGEMBANGAN KOMIK PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS WEB DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226122012_Cover.pdf] Text
8226122012_Cover.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 8226122012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226122012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 8226122012_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226122012_Kata_Pengantar.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 8226122012_Abstrak.pdf] Text
8226122012_Abstrak.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 8226122012_Daftar_Isi.pdf] Text
8226122012_Daftar_Isi.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 8226122012_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226122012_Daftar_Tabel.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 8226122012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226122012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 8226122012_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226122012_Daftar_Gambar.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 8226122012_BAB_I.pdf] Text
8226122012_BAB_I.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 8226122012_BAB_V.pdf] Text
8226122012_BAB_V.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuam mengembangkan komik pembelajaran berbasis web menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Untuk memenuhi kebutuhan siswa berdasarkan gaya belajar pada materi Sistem Pernapasan Manusia di SMP. Pengembangan komik dilakukan melalui beberapa tahapan, (1) Tahap Analisis Kebutuhan, dilakukan dengan studi lapangan dan literature; (2) Tahap Desain Produk; (3) Tahap Pengembangan dan (4) Tahap Implementasi, meliputi proses validasi kepada hali dan uji coba komik pembelajaran kepada siswa sebagai calon pengguna yang dilakukan sercara sirkular; (5) Tahap Evaluasi. Kelayakan komik dinilai oleh calon pengguna potensil dan beberapa orang ahli. Validasi oleh ahli media, materi, dan desain, serta uji coba pada kelompok kecil, sedang, dan besar siswa. Diperoleh hasil yang layak berdasarkan persentase penilaian 90 %. Uji keefektivan dilakukan melalui percobaan dengan melibatkan 80 orang siswa yang ditempatkan pada dua kelompok percobaan, yaitu 40 orang anggota kelompok eksperimen, dan 40 orang anggota kelompok kontrol. Berdasarkan uji perbedaan hasil belajar (post test) diperoleh bahwa pembelajaran menggunakan komik pembelajaran berbasis web menunjukkan hasil yang lebih tinggi dari kelompok kontrol, dengan demikian komik pembelajaran berbasis web dapat menjadi alternative untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi pembelajaran biologi khusunya Sistem Pernapasan Manusia dan mendukung upaya meningkatkan Literasi biologi di SMP berdasarkan gaya belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Sim p
Keywords: Komik Pembelajaran, Berbasis web, Literasi PISA, Sistem Pernapasan Manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:29
Last Modified: 25 Apr 2025 02:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61746

Actions (login required)

View Item
View Item