Fahrani, Siti (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4201121008_Cover.pdf
Download (55kB)
4201121008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
4201121008_Abstrak.pdf
Download (83kB)
4201121008_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
4201121008_Daftar_Isi.pdf
Download (112kB)
4201121008_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
4201121008_Daftar_Tabel.pdf
Download (73kB)
4201121008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (55kB)
4201121008_BAB_I.pdf
Download (397kB)
4201121008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (311kB)
4201121008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (316kB)
4201121008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (537kB)
4201121008_BAB_V.pdf
Download (178kB)
4201121008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (209kB)
4201121008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (826kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik (e-modul) berbasis investigasi kelompok pada materi gelombang bunyi yang layak digunakan mengetahui respon pengguna terhadap e-modul yang dikembangkan, serta mengukur keefektifan e-modul terhadap pembelajaran fisika dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAS YPK Medan dengan melibatkan 35 partisipan yaitu siswa kelas XI IPA. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2024. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yang dikembangkan oleh Thiagrajan dkk (1974). Namun, penelitian ini dibatasi hanya sampai tiga tahapan yaitu define, design, and development. Hasil penelitian menunjukkan uji validitas atau kelayakan oleh ahli materi diperoleh persentase penilaian sebesar 97,66%
dengan kriteria penilaian kualitatif sangat layak. Penilaian ahli media diperoleh persentase penilaian sebesar 85,43%, dengan kriteria penilaian kualitatif sangat layak. Uji kelayakan dari guru diperoleh persentase penilaian sebesar 93,95%, dengan kriteria penilaian kualitatif sangat layak. Untuk uji skala kecil diperoleh persentase penilaian sebesar 87,05%, dengan kriteria penilaian kualitatif sangat layak. Uji skala besar diperoleh persentase penilaian sebesar 89,06%, dengan kriteria penilaian kualitatif sangat layak. Keefektifan e-modul dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa termasuk ke dalam kriteria tinggi, dengan nilai rata-rata gain yang didapatkan sebesar 0,70.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Investigasi kelompok; E-modul; Pemahaman konsep; Pembelajaran kooperatif; Gelombang bunyi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:08 |
| Last Modified: | 01 Jul 2025 05:51 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61736 |
