Siregar, Rodearna (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PESISIR PANTAI TIMUR SUMATERA UTARA PADA MATERI FLUIDA STATIS BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL DI SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203121046_Cover.pdf
Download (55kB)
4203121046_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (390kB)
4203121046_Abstrak.pdf
Download (231kB)
4203121046_Kata_Pengantar.pdf
Download (260kB)
4203121046_Daftar_Isi.pdf
Download (230kB)
4203121046_Daftar_Gambar.pdf
Download (204kB)
4203121046_Daftar_Tabel.pdf
Download (203kB)
4203121046_Daftar_Lampiran.pdf
Download (203kB)
4203121046_BAB_I.pdf
Download (496kB)
4203121046_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (417kB)
4203121046_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (289kB)
4203121046_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (328kB)
4203121046_BAB_V.pdf
Download (273kB)
4203121046_Daftar_Pustaka.pdf
Download (318kB)
4203121046_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (864kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berbentuk E-modul yang valid, praktis dan efektif dengan mengintegrasikan kearifan lokal pesisir pantai timur Sumatera Utara pada materi fluida statis menggunakan software Flip Pdf Professional. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode R & D (Reseach and Development) dan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kevalidan E-modul pada tahap pengembangan dinilai oleh para validator yaitu ahli materi dan ahli media. Kepraktisan E-modul dinilai melalui angket respon guru dan siswa. Keefektifan E-modul diukur menggunakan uji gain ternormalisasi (N-Gain). Uji coba produk terdiri dari uji
kelompok kecil dan kelompok besar. Uji kelompok kecil melibatkan 10 siswa, uji kelompok besar melibatkan 20 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli, angket respon guru dan siswa. Pada tahap validasi, hasil penilaian ahli materi memperoleh persetase rata-rata 90,62% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian ahli media memperoleh persetase rata-rata 87% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh persentase rata-rata 96% dengan kategori sangat praktis dan uji kepraktisan pada kelompok kecil memperoleh persentase rata-rata 86,43%, pada kelompok besar memperoleh persentase rata-rata 82,95% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan memperoleh nilai N-Gain pada kelompok kecil yaitu 0,87 dan kelompok besar yaitu 0,92 dengan masing-masing kategori tinggi, sehingga e-modul dikategorikan efektif. Hasil yang diperoleh
menunjukkan bahwa E-modul yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis, dan efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran fisika.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | E-modul; Kearifan lokal; Fluida statis; Bahan ajar; Flip PDF professional |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 21 Mar 2025 03:50 |
| Last Modified: | 01 Jul 2025 04:39 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61707 |
