Anggraini, Ririn (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA E-MODUL FISIKA BERBASIS SAINTIFIK BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202421028_Cover.pdf
Download (283kB)
4202421028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (345kB)
4202421028_Abstrak.pdf
Download (171kB)
4202421028_Kata_Pengantar.pdf
Download (172kB)
4202421028_Daftar_Isi.pdf
Download (347kB)
4202421028_Daftar_Gambar.pdf
Download (144kB)
4202421028_Daftar_Tabel.pdf
Download (144kB)
4202421028_Daftar_Lampiran.pdf
Download (143kB)
4202421028_BAB_I.pdf
Download (408kB)
4202421028_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (547kB)
4202421028_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (401kB)
4202421028_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (518kB)
4202421028_BAB_V.pdf
Download (168kB)
4202421028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (387kB)
4202421028_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika dan keterbatasan bahan ajar berupa e-modul yang dimiliki guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan E-Modul berbasis saintifik pada materi gelombang bunyi yang layak, praktis, dan efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Swasta Nurul Islam Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) dan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar uji kelayakan ahli materi dan ahli media, angket kepraktisan guru dan peserta didik, instrumen tes hasil belajar, serta wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah telah dihasilkannya E-Modul berbasis saintifik yang layak ditinjau dari kelayakan ahli materi dengan presentase 93,75% dan ahli media dengan presentase 92,30% yang termasuk kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika. Hasil uji kepraktisan guru fisika terhadap e-modul yang dikembangkan dengan persentase 93% dengan kategori sangat praktis, dan hasil uji kepraktisan oleh peserta didik mendapatkan rata-rata persentase 90,25% dengan kategori sangat praktis. Hasil penilaian tes hasil belajar pada peserta didik memperoleh skor Ngain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi, maka E-Modul dikatakan efektif. Dengan demikian disimpulkan bahwa E-Modul yang dikembangkan sangat layak, sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran fisika.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | E-modul; Pendekatan saintifik; Gelombang bunyi; Bahan ajar; Flip PDF corporate |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 21 Mar 2025 03:42 |
| Last Modified: | 01 Jul 2025 04:23 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61702 |
