IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI SD NEGERI KOTA LANGSA

Puspita, Syaripah (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI SD NEGERI KOTA LANGSA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206118006_Cover.pdf] Text
8206118006_Cover.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 8206118006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206118006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (756kB)
[thumbnail of 8206118006_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206118006_Kata_Pengantar.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 8206118006_Abstrak.pdf] Text
8206118006_Abstrak.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 8206118006_Daftar_Isi.pdf] Text
8206118006_Daftar_Isi.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of 8206118006_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206118006_Daftar_Tabel.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 8206118006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206118006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 8206118006_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206118006_Daftar_Gambar.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 8206118006_BAB_I.pdf] Text
8206118006_BAB_I.pdf

Download (779kB)
[thumbnail of 8206118006_BAB_V.pdf] Text
8206118006_BAB_V.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 8206118006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206118006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (546kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pembelajaran yang menyenangkan dalam implementasi kurikulum merdeka pada mat pelajaran PJOK di SD Negeri Kota Langsa. Pada penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pendekatan Countenance Stake. Sampel penelitian ditujukan kepada: Guru PJOK di SD Negeri Kota Langsa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan documentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif analitik non static. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka merupakan kurikulum fleksibel trobosan baru yang berfokus pada materi esensial agar lebih optimal berfokus pada capaian pembelajaran berdasarkan fase dan berpusat pada peserta didik. Berdasarkan komponen antendens, transaction, dan outcomes menjadikan guru PJOK dapat melakukan inovasi pembelajaran yang tertuju pada seluruh siswa. Hasil belajar akan kelihatan pada beberapa aspek pengetahuan, kebiasaan, keterampilan, apresiasi, emosional, gerak jasmani, sikap dan budi pekerti dari masing-masing siswa Peserta didik dapat memilih kegiatan pembelajaran PJOK berdasarkan potensi, minat, dan bakatnya. Kesimpulan dari penelitian ini dalam proses pembelajaran PJOK yang berbasis permainan, menggunakan teknologi interaktif dan pembelajaran kolaborasi yang dilakukan oleh guru PJOK dan peserta didik di area outdoor dan indoor dilingkungan sekolah dan dilengkapi dengan fasilitas kegiatan yang memadai membuat peserta didik memahami bahwa implementasi kurikulum merdeka (IKM) pada pelajaran PJOK sudah sangat baik diterapkan dalam proses belajar-mengajar yang dilakukan di area lingkungan SD Negeri Kota Langsa

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Implementasi Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran PJOK, Model Countenance Stake
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:33
Last Modified: 21 Mar 2025 03:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61697

Actions (login required)

View Item
View Item