Perbina, Rika (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
4182121015_Cover.pdf
Download (80kB)
4182121015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (305kB)
4182121015_Abstrak.pdf
Download (226kB)
4182121015_Kata_Pengantar.pdf
Download (232kB)
4182121015_Daftar_Isi.pdf
Download (129kB)
4182121015_Daftar_Gambar.pdf
Download (71kB)
4182121015_Daftar_Tabel.pdf
Download (71kB)
4182121015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (131kB)
4182121015_BAB_I.pdf
Download (265kB)
4182121015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (315kB)
4182121015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (325kB)
4182121015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (302kB)
4182121015_BAB_V.pdf
Download (100kB)
4182121015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (130kB)
4182121015_Lampiran.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran fisika dilaksanakan menunjukkan nilai rata-rata siswa masih dibawah KKM, diperlukan penggunaan model pembelajaran yang berbeda berbantuan media animasi. Penelitian bertujuan mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif think pair share berbantuan macromedia flash dan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian quasi experiment desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan 6 kelas dengan sampel 60 siswa, teknik pengambilan sampel cluster random sampling dimana XI MIA 2 kelas eksperimen dan XI MIA 3 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan tes hasil belajar ranah kognitif berupa pilihan ganda 15 soal yang divalidasi para ahli. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest diperoleh rata-rata kelas eksperimen 44,22 dan kontrol 41,33. Hasil uji hipotesis data pretest menggunakan uji t dengan α = 0,05 diperoleh kemampuan awal siswa kedua kelas sama. Selanjutnya diterapkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan macromedia flash pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, nilai posttest kelas eksperimen 79,33 dan kelas kontrol 65,56. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh rata-rata nilai posttest di kelas eksperimen lebih baik dari nilai posttest kelas kontrol, terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar pada materi fluida dinamis di kelas XI MIA SMA Negeri 7 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Think pair share; Macromedia flash; Fluida dinamis; Hasil belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 21 Mar 2025 03:15 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 05:03 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61691 |
