Purba, Rahmadani (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DI KELAS XI SMAN 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203121005_Cover.pdf
Download (158kB)
4203121005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (685kB)
4203121005_Abstrak.pdf
Download (318kB)
4203121005_Kata_Pengantar.pdf
Download (217kB)
4203121005_Daftar_Isi.pdf
Download (201kB)
4203121005_Daftar_Gambar.pdf
Download (245kB)
4203121005_Daftar_Tabel.pdf
Download (245kB)
4203121005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (260kB)
4203121005_BAB_I.pdf
Download (360kB)
4203121005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (591kB)
4203121005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (294kB)
4203121005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (381kB)
4203121005_BAB_V.pdf
Download (244kB)
4203121005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (327kB)
4203121005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan model discovery learning berbantuan simulasi PhET dan model pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gerak lurus di kelas XI. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen dengan sampel 36 peserta didik kelas XI Inglanfis sebagai kelas eksperimen dan 36 peserta didik kelas XI Matlanko 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel yang dilakukan ialah melakukan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan ialah instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Sebelum diberikan perlakuan yang berbeda dilakukan terlebih dahulu pemberian pretest kepada peserta didik. Hasil nilai rata-rata pretest pada kelompok eksperimen ialah 43,83 dan nilai rata-rata pretest pada kelompok kontrol ialah 42,89. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak pada pretest diperoleh nilai thitung < ttabel (0,282 < 1,997) maka H0 diterima dan Ha ditolak. Sehingga diperoleh bahwa kemampuan awal kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal kelas kontrol. Kemudian dilakukan perlakuan berbeda dan dilakukan posttest terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen ialah 82,92 dan 71 untuk rata-rata posttest kelas kontrol. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data posttest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t satu pihak pada posttest diperoleh nilai thitung > ttabel (4,464 > 1,666) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga diperoleh bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar pada materi gerak lurus.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Discovery learning; Hasil belajar; Gerak lurus; Simulasi PhET; Media pembelajaran |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 21 Mar 2025 02:56 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 04:56 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61682 |
