MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 3 SIJAMBUR KABUPATEN SAMOSIR T.A 2015/2016.

naibaho, estaurina (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 3 SIJAMBUR KABUPATEN SAMOSIR T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01_NIM. 1123311027 COVER.pdf]
Preview
Text
01_NIM. 1123311027 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 02_NIM. 1123311027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02_NIM. 1123311027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 03_NIM. 1123311027 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03_NIM. 1123311027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 04_NIM. 1123311027 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04_NIM. 1123311027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 05_NIM. 1123311027 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05_NIM. 1123311027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 06_NIM. 1123311027 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
06_NIM. 1123311027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 07_NIM. 1123311027 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
07_NIM. 1123311027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 08_NIM. 1123311027 DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
08_NIM. 1123311027 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 09_NIM. 1123311027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
09_NIM. 1123311027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 10_NIM. 1123311027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10_NIM. 1123311027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 14_NIM. 1123311027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14_NIM. 1123311027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 15_NIM. 1123311027  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15_NIM. 1123311027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA karena guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 3 Sijambur Kabupaten materi pokok energi dsan perubahannya melalui penerapan model pembelajaran Guided Teaching.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan yang berasal dari siswa kelas IV SDN 3 Sijambur Kabupaten Samosir pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Guided Teaching yaitu sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam model ini peserta didik diajari untuk bebas mengeluarkan pendapat karena setiap awal pembelajaran dimulai dengan beberapa pertanyaan, dan didiskusikan secara berkelompok sehingga guru dapat melihat setiap kerja sama kelompok dalam mengerjakan setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui lembar observasi motivasi belajar siswa, dan lembar observasi motivasi mengajar guru.
Berdasarkan analisis data dengan lembar observasi belajar siswa pada siklus I Pertemuan I siswa yang termotivasi sebanyak 13 siswa dengan persentase 43,33% dan Pertemuan II menjadi 18 siswa dengan persentase 60% , kemudian mengalami peningkatan pada siklus II Pertemuan I menjadi 26 siswa dengan persentase 86,66% dan pertemuan II meningkat menjadi 28 siswa dengan persentase 93,33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat secara signifikan. Kemudian hasil observasi guru juga mengalami peningkatan dimana nilai rata-rata pada Siklus I Pertemuan I 59,21,dan pertemuan II menjadi 72,36. Pada Siklus II nilai rata-ratanya 84,21 kemudian pada Pertemuan II meningkat menjadi 93,42.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Guided Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok Energi dan Perubahannya di kelas IV SDN 3 Sijambur tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK- 2016 PGSD 051
Keywords: Motivasi Belajar;
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jul 2016 07:49
Last Modified: 19 Jul 2016 07:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6168

Actions (login required)

View Item
View Item