naibaho, estaurina (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 3 SIJAMBUR KABUPATEN SAMOSIR T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01_NIM. 1123311027 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
02_NIM. 1123311027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
03_NIM. 1123311027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
04_NIM. 1123311027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
05_NIM. 1123311027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
06_NIM. 1123311027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
07_NIM. 1123311027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
08_NIM. 1123311027 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
09_NIM. 1123311027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
10_NIM. 1123311027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
14_NIM. 1123311027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
15_NIM. 1123311027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA karena guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 3 Sijambur Kabupaten materi pokok energi dsan perubahannya melalui penerapan model pembelajaran Guided Teaching.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan yang berasal dari siswa kelas IV SDN 3 Sijambur Kabupaten Samosir pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Guided Teaching yaitu sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam model ini peserta didik diajari untuk bebas mengeluarkan pendapat karena setiap awal pembelajaran dimulai dengan beberapa pertanyaan, dan didiskusikan secara berkelompok sehingga guru dapat melihat setiap kerja sama kelompok dalam mengerjakan setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui lembar observasi motivasi belajar siswa, dan lembar observasi motivasi mengajar guru.
Berdasarkan analisis data dengan lembar observasi belajar siswa pada siklus I Pertemuan I siswa yang termotivasi sebanyak 13 siswa dengan persentase 43,33% dan Pertemuan II menjadi 18 siswa dengan persentase 60% , kemudian mengalami peningkatan pada siklus II Pertemuan I menjadi 26 siswa dengan persentase 86,66% dan pertemuan II meningkat menjadi 28 siswa dengan persentase 93,33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat secara signifikan. Kemudian hasil observasi guru juga mengalami peningkatan dimana nilai rata-rata pada Siklus I Pertemuan I 59,21,dan pertemuan II menjadi 72,36. Pada Siklus II nilai rata-ratanya 84,21 kemudian pada Pertemuan II meningkat menjadi 93,42.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Guided Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok Energi dan Perubahannya di kelas IV SDN 3 Sijambur tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 051 |
Keywords: | Motivasi Belajar; |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 07:49 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6168 |