PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SIGIL PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI KELAS X SMAS PAB 8 SAENTIS

Rahma (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SIGIL PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI KELAS X SMAS PAB 8 SAENTIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202121003_Cover.pdf] Text
4202121003_Cover.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 4202121003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202121003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of 4202121003_Abstrak.pdf] Text
4202121003_Abstrak.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 4202121003_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202121003_Kata_Pengantar.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of 4202121003_Daftar_Isi.pdf] Text
4202121003_Daftar_Isi.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 4202121003_Daftar_Gambar.pdf] Text
4202121003_Daftar_Gambar.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 4202121003_Daftar_Tabel.pdf] Text
4202121003_Daftar_Tabel.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 4202121003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4202121003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 4202121003_BAB_I.pdf] Text
4202121003_BAB_I.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of 4202121003_BAB_V.pdf] Text
4202121003_BAB_V.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 4202121003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202121003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul berbasis STEM pada materi pemanasan global dengan menggunakan aplikasi sigil, mengetahui keefektifan e-modul berbasis STEM pada materi pemanasan global dengan menggunakan aplikasi sigil, dan mengetahui tingkat kepraktisan penggunaan e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan Metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE pada setiap tahapannya yaitu (analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi). Subjek penelitian meliputi dua dosen fisika, guru fisika, dan peserta didik kelas X SMA Swasta PAB 8 SAENTIS. Berdasarkan penilaian tingkat kelayakan diperoleh validitas ahli materi 3,20 dengan kategori layak sedangkan validitas ahli media 3,20 dengan kategori layak. Tingkat keefektifan e-modul diperoleh N-Gain sebesar 0,40 dengan kategori sedang sehingga dinilai efektif dalam pembelajaran. Berdasarkan penilaian persentase tingkat kepraktisan oleh guru bidang studi fisika sebesar 78,33% dengan kategori (Memuaskan) sedangkan tingkat kepraktisan berdasarkan respon peserta didik terhadap penggunaan e-modul berbasis STEM yang telah dikembangkan sebesar 77,50 % dengan kategori (Menarik). Tingkat keefektifan e-modul berbasis pendekatan STEM pada materi pemanasan global dinyatakan layak, efektif dan praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-modul, Pendekatan STEM, Aplikasi Sigil, Pemanasan Global
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Mar 2025 02:42
Last Modified: 21 Mar 2025 02:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61677

Actions (login required)

View Item
View Item