Simbolon, Eybarda (2024) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN GURU MENYUSUN MODUL AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PJOK KURIKULUM MERDEKA. Masters thesis, UNIMED.
8214017002_Cover.pdf
Download (198kB)
8214017002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (588kB)
8214017002_Kata_Pengantar.pdf
Download (138kB)
8214017002_Abstrak.pdf
Download (623kB)
8214017002_Daftar_Isi.pdf
Download (677kB)
8214017002_Daftar_Tabel.pdf
Download (231kB)
8214017002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (223kB)
8214017002_Daftar_Gambar.pdf
Download (225kB)
8214017002_BAB_I.pdf
Download (651kB)
8214017002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
8214017002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (990kB)
8214017002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
8214017002_BAB_V.pdf
Download (492kB)
8214017002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (305kB)
8214017002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konstruk, kelayakan dan kesesuaian pengembangan buku panduan guru menyusun modul ajar pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PJOK kurikulum Merdeka. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan desain ADDIE. Tempat penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Samosir. Hasil penelitian: 1) Pengembangan buku panduan guru menyusun modul ajar pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PJOK kurikulum merdeka dilakukan dengan menggali potensi masalah dari guru pada pembuatan modul ajar, kontruk yang dibuat adalah dengan buku panduan yang terdiri dari beberapa bab dilengkapi dengan cover, daftar isi, kata pengantar serta isi dan contoh aplikasinya dalam mata pelajaran PJOK. 2) Buku panduan guru menyusun modul ajar juga dilakukan 2 kali uji dimana berdasarkan perolehan uji coba lapangan pertama yang dilakukan secara FGD dimana perolehan jumlah skor adalah 327 dengan persentase sebesar 81,75% (Sesuai). Artinya buku panduan guru menyusun modul ajar pembelajaran berdiferensiasi PJOK sudah sesuai. Berdasarkan perolehan uji coba lapangan kedua yang dilakukan secara FGD dimana perolehan jumlah skor adalah 368 dengan persentase sebesar 92% (Sesuai). Artinya buku panduan guru menyusun modul ajar pembelajaran berdiferensiasi PJOK sudah sesuai. 3) Buku panduan guru disesuaiasi oleh ahli sebanyak dua kali. Dimana hasilnya berdasarkan uji coba tahap pertama bahwa hasil penilaian ahli bahasa bahwa diperoleh persentase 80% dengan kategori sesuai. Kemudian uji coba ahli materi diperoleh persentase 84,09% dengan kategori sesuai. Uji coba ahli modul/media diperoleh persentase 83,33% dengan kategori sesuai. Berdasarkan uji coba tahap kedua bahwa hasil penilaian ahli bahasa bahwa diperoleh persentase 95,00% dengan kategori sesuai. Kemudian uji coba ahli materi diperoleh persentase 90,91% dengan kategori sesuai. Uji coba ahli modul/media diperoleh persentase 91,67% dengan kategori sesuai.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 796.072 Sim p |
| Keywords: | Buku Panduan, Guru PJOK, Modul Ajar. |
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 21 Mar 2025 02:26 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 10:59 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61673 |
