Hutajulu, Putri Sridewi (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK SISWA KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203321008_Cover.pdf
Download (1MB)
4203321008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
4203321008_Abstrak.pdf
Download (2MB)
4203321008_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
4203321008_Daftar_Isi.pdf
Download (2MB)
4203321008_Daftar_Gambar.pdf
Download (1MB)
4203321008_Daftar_Tabel.pdf
Download (1MB)
4203321008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (1MB)
4203321008_BAB_I.pdf
Download (2MB)
4203321008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (624kB)
4203321008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (501kB)
4203321008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (628kB)
4203321008_BAB_V.pdf
Download (1MB)
4203321008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
4203321008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan proses pembelajaran menuntut guru untuk melaksanakan pembelajaran yang lebih interaktif. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan juga ditemukan bahwa hasil belajar siswa rendah sehingga perlunya dikembangkan suatu media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi usaha dan energi untuk siswa kelas X; untuk mengetahui tingkat kepraktisan e-modul fisika berbasis PBL yang dikembangkan; dan untuk mengetahui tingkat keefektifan e-modul fisika berbasis PBL yang dikembangkan. Penelitian ini melakukan penelitian dengan metode Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Metode R&D ini menggunakan model ADDIE. Setelah melalui tahapan validasi dan revisi oleh ahli media, ahli materi, dan respon siswa dalam penelitian ini, kelayakan e-modul fisika berbasis PBL yang dikembangkan adalah 95,28%, yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Kemudian tingkat kepraktisan diperoleh sebesar 95% yang termasuk ke dalam kategori “Sangat Praktis”. Selain itu, nilai N-Gainnya adalah 0,732, yang termasuk ke dalam kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang telah dikembangkan memiliki efektifitas yang baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | E-modul; Problem based learning; Usaha; Energi; Bahan ajar; Kurikulum merdeka |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 21 Mar 2025 02:05 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 04:30 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61664 |
