Amalia, Putri (2024) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN TECHNOLOGY PEDAGOGICAL and CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI MIPA I MAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4201121021_Cover.pdf
Download (234kB)
4201121021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (580kB)
4201121021_Abstrak.pdf
Download (471kB)
4201121021_Kata_Pengantar.pdf
Download (442kB)
4201121021_Daftar_Isi.pdf
Download (758kB)
4201121021_Daftar_Gambar.pdf
Download (428kB)
4201121021_Daftar_Tabel.pdf
Download (427kB)
4201121021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (354kB)
4201121021_BAB_I.pdf
Download (713kB)
4201121021_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4201121021_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4201121021_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4201121021_BAB_V.pdf
Download (516kB)
4201121021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (620kB)
4201121021_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian dan pengembangan modul fisika berbasis Technology Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada materi gelombang bunyi bertujuan untuk menganalisis kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan modul. Pendekatan TPACK merupakan kerangka konseptual yang menggabungkan pengetahuan tentang teknologi, pedagogik, serta konten dan materi yang saling berhubungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) model ADDIE dengan 5 tahapan Analysis permasalahan di sekolah, Design berupa perancangan produk awal, Development berupa tahap uji kelayakan dan kepraktisan disertai perbaikan, Implementation berupa uji coba produk oleh pengguna, dan Evaluation berupa analisis data. Hasil penelitian diperoleh modul yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak dinyatakan dengan persentase hasil rata-rata penilaian ahli materi dan ahli media sebesar 84,63% berdasarkan kelayakan isi dan desain, memenuhi kriteria sangat praktis dinyatakan dengan perentase hasil rata-rata penilaian guru dan respon siswa sebagai pengguna sebesar 88,85% berdasarkan kemudahan penggunaan, ketertarikan, dan bahasa, dan perolehan persentase N-Gain pretest dan posttest sebesar 72% dalam kategori efektif. Kesimpulan yang diperoleh yaitu pengembangan modul fisika berbasis Technology Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada materi gelombang bunyi layak, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran dan menjadi solusi permasalahan ketertarikan peserta didik terhadap pembelajaran fisika dan peningkatakan hasil belajar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Modul; Gelombang bunyi; Bahan ajar; Hasil belajar; Pendekatan TPACK |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 21 Mar 2025 02:23 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 04:39 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61662 |
