Nasution, Nugraha (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS V-B SD NEGERI 064009 MEDAN MARELAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111062 COVER.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
2. NIM. 1123111062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
3. NIM. 1123111062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM. 1123111062 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM. 1123111062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. 1123111062 TABLES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. NIM. 1123111062 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM. 1123111062 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM. 1123111062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM. 1123111062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 1123111062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas V-B SD Negeri 064009 Medan Marelan yang disebabkan oleh pembelajaran hanya berpusat pada guru, siswa kurang dilibatkan selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, peneliti memberikan alternatif pemecah masalah yaitu dengan menggunakan model Discovery Learning. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas V-B SD Negeri 064009 Medan Marelan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dan setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini berjumlah 35 orang siswa yang berasal dari kelas V-B SD Negeri 064009 Medan Marelan pada tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi. Maka alat/instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar observasi aktivitas guru.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari 35 siswa, secara klasikal persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 yaitu 22,86%, pada siklus I pertemuan 2 mencapai 42,86%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 menjadi 74,29% dan pada pertemuan 2 meningkat lagi menjadi 91,43%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas V-B SD Negeri 064009 Medan Marelan Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 029 |
Keywords: | Aktivitas Belajar;Model Discovery Learning; Matematika di SD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 07:42 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6166 |