PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA FLUIDA DINAMIS DI SMA TARUNA PBD MEDAN

SIHOMBING, PUTRI LINDON (2023) PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA FLUIDA DINAMIS DI SMA TARUNA PBD MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183121030_Cover.pdf] Text
4183121030_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 4183121030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183121030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4183121030_Abstrak.pdf] Text
4183121030_Abstrak.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 4183121030_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183121030_Kata_Pengantar.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 4183121030_Daftar_Isi.pdf] Text
4183121030_Daftar_Isi.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 4183121030_Daftar_Gambar.pdf] Text
4183121030_Daftar_Gambar.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 4183121030_Daftar_Tabel.pdf] Text
4183121030_Daftar_Tabel.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 4183121030_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4183121030_Daftar_Lampiran.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 4183121030_BAB_I.pdf] Text
4183121030_BAB_I.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 4183121030_BAB_V.pdf] Text
4183121030_BAB_V.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 4183121030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183121030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan instrumen tes keterampilan
Pemecahan Masalah fisika pada materi fluida dinamis kelas XI SMA. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan instrumen tes berbasis
Pemecahan Masalah pada materi fluida dinamis dan Untuk mengetahui respon
peserta didik terkait instrumen tes berbasis pemecahan masalah pada materi
fluida dinamis. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
penelitian pengembangan R & D ( Research and Development) dengan
menggunakan model penelitian ADDIE yang memiliki desai penelitian melalui
empat tahap yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation Dan
Evaluation. Sampel ujicoba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI
SMA Taruna PBD Medan dengan jumlah 29 peserta didik dengan asumsi
seluruh kelas adalah homogen. Adapun instrumen penelitian yang digunakan
ialah tes berbasis keterampilan PemecahanMasalah yang berjumlah 7 butir Soal
dalam bentuk essai. Hasil uji coba diperoleh dari instrumen tes kemampuan
Pemecahan Masalah pada uji validasi yang dilakukan oleh 3 validator yang
memiliki nilai dengan kategori sangat tinggi yang masuk kedalamkategori layak
digunakan dengan revisi. Analisis instrumen kemampuan Pemecahan Masalah
yang telah diberikan kepada peserta didik yang berjumlah 29 Orang dengan hasil
yang diperoleh pada uji coba validitas diperoleh bahwa 85,7% instrumen tes valid
dan instrumen tes memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,79 kategori reliabel. Pada uji
coba tingkat kesukaran lima soal tergolong sedang, satu tergolong mudah dan satu
tergolong sukar. Selanjutnya pada uji coba daya beda soal ketujuh soal masuk
dalam kategori baik sekali. Hasil respon siswa terhadap instumen tes mendapatkan
respon positif. Hasil rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah fluida dinamis
siswa per indikator diperoleh 66,5% siswa memahami masalah, 45,6% siswa dapat
membuat rencana penyelesaian masalah, 40,1% siswa mampu melaksanakan
rencana yang telah direncanakan dan 35,7% siswa memeriksa kembali jawaban dari
permasalahan yang disajikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
pengembangan instrumen berbasis kemampuan Pemecahan Masalah peserta
didik layak digunakan untukmengukur kemampuan berpikirpeserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Instrumen, Keterampilan PemecahanMasalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Mar 2025 01:56
Last Modified: 21 Mar 2025 01:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61657

Actions (login required)

View Item
View Item