Sihombing, Putri Lindon (2023) PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA FLUIDA DINAMIS DI SMA TARUNA PBD MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4183121030_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183121030_Cover.pdf
Download (43kB)
![[thumbnail of 4183121030_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183121030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (226kB)
![[thumbnail of 4183121030_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183121030_Abstrak.pdf
Download (129kB)
![[thumbnail of 4183121030_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183121030_Kata_Pengantar.pdf
Download (217kB)
![[thumbnail of 4183121030_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183121030_Daftar_Isi.pdf
Download (170kB)
![[thumbnail of 4183121030_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183121030_Daftar_Gambar.pdf
Download (160kB)
![[thumbnail of 4183121030_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183121030_Daftar_Tabel.pdf
Download (98kB)
![[thumbnail of 4183121030_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183121030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (96kB)
![[thumbnail of 4183121030_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183121030_BAB_I.pdf
Download (312kB)
![[thumbnail of 4183121030_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183121030_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (328kB)
![[thumbnail of 4183121030_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183121030_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (270kB)
![[thumbnail of 4183121030_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183121030_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (266kB)
![[thumbnail of 4183121030_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183121030_BAB_V.pdf
Download (97kB)
![[thumbnail of 4183121030_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183121030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (218kB)
![[thumbnail of 4183121030_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183121030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan instrumen tes keterampilan Pemecahan Masalah fisika pada materi fluida dinamis kelas XI SMA. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan instrumen tes berbasis Pemecahan Masalah pada materi fluida dinamis dan Untuk mengetahui respon peserta didik terkait instrumen tes berbasis pemecahan masalah pada materi fluida dinamis. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan R & D (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang memiliki desai penelitian melalui empat tahap yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation Dan Evaluation. Sampel ujicoba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Taruna PBD Medan dengan jumlah 29 peserta didik dengan asumsi seluruh kelas adalah homogen. Adapun instrumen penelitian yang digunakan ialah tes berbasis keterampilan Pemecahan Masalah yang berjumlah 7 butir Soal dalam bentuk essai. Hasil uji coba diperoleh dari instrumen tes kemampuan Pemecahan Masalah pada uji validasi yang dilakukan oleh 3 validator yang memiliki nilai dengan kategori sangat tinggi yang masuk ke dalam kategori layak digunakan dengan revisi. Analisis instrumen kemampuan Pemecahan Masalah yang telah diberikan kepada peserta didik yang berjumlah 29 Orang dengan hasil yang diperoleh pada uji coba validitas diperoleh bahwa 85,7% instrumen tes valid dan instrumen tes memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,79 kategori reliabel. Pada uji coba tingkat kesukaran lima soal tergolong sedang, satu tergolong mudah dan satu tergolong sukar. Selanjutnya pada uji coba daya beda soal ketujuh soal masuk dalam kategori baik sekali. Hasil respon siswa terhadap instumen tes mendapatkan respon positif. Hasil rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah fluida dinamis siswa per indikator diperoleh 66,5% siswa memahami masalah, 45,6% siswa dapat membuat rencana penyelesaian masalah, 40,1% siswa mampu melaksanakan rencana yang telah direncanakan dan 35,7% siswa memeriksa kembali jawaban dari permasalahan yang disajikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen berbasis kemampuan Pemecahan Masalah peserta didik layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Fluida dinamis; Pemecahan masalah; Instrumen tes; Higher order thinking skill |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 01:56 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61657 |