PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DAN KUIS INTERAKTIF PADA MATERI KIMIA KELAS XI SEMESTER GENAP

Dalimunthe, Qomaruddin Ramadhansyah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DAN KUIS INTERAKTIF PADA MATERI KIMIA KELAS XI SEMESTER GENAP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226142003_Cover.pdf] Text
8226142003_Cover.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 8226142003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226142003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of 8226142003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226142003_Kata_Pengantar.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 8226142003_Abstrak.pdf] Text
8226142003_Abstrak.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 8226142003_Daftar_Isi.pdf] Text
8226142003_Daftar_Isi.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 8226142003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226142003_Daftar_Tabel.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 8226142003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226142003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 8226142003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226142003_Daftar_Gambar.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 8226142003_BAB_I.pdf] Text
8226142003_BAB_I.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 8226142003_BAB_V.pdf] Text
8226142003_BAB_V.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 8226142003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226142003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (329kB)

Abstract

Salah satu fakto keberhasilan suatu pembelajaran adalah media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui hasil analisis kebutuhan media. (2) mengetahui desain media pembelajaran web. (3) mengetahui rancangan media web. (4) mengetahui kelayakan media web. (5) mengetahui peningkatan hasil belajar. (6) mengetahui motivasi siswa terhadap media web. (7) mengetahui respon siswa terhadap media web. Penelitian menggunakan model ADDIE (Analysis, Development, Design, Implementation and Evaluation). Populasi dalam implementasi media yang dikembangkan adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sidamanik T.A 2023/2024. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 yang berjumlah 34 orang. Instrumen penelitian berupa lembar wawancara, angket, tes objektif hasil belajar yang valid dan reliabel, lembar angket motivasi belajar dan lembar angket respon siswa terhadap media. Teknik analisis data yang digunakan uji paired sample t test dan uji korelasi dengan program SPSS 22 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: media pembelajaran yang selama ini digunakan hanya proyektor dan ppt. Media website yang didesign melalui google site diperoleh bahan ajar untuk materi kimia kelas XI semester genap. diperoleh media belajar website Yaitu “Studio Kimia”. media website pada materi asam dan basa yang telah dikembangkan memperoleh hasil validasi kelayakan oleh ahli materi, ahli media dan guru kimia dengan nilai rata-rata sebesar 85,25% tergolong dalam kategori sangat layak; ada peningkatan hasil belajar siswa yaitu, siswa yang diajarkan dengan media website dengan nilai sig. (0,00<0,05) yang berarti media web memiliki pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar. Motivasi siswa berhubungan signifikan dengan hasil belajar siswa menggunakan media web dan kuis interaktif pada materi Asam dan Basa hal itu dilihat dari nilai sig dan rhitung. Motivasi siswa terhadap penggunaan menggunakan media website pada pembelajaran materi asam dan basa, secara keseluruhan diperoleh sebesar 86,7% termasuk kategori sangat baik dan respon siswa terhadap penggunaan menggunakan media website pada pembelajaran materi asam dan basa, secara keseluruhan diperoleh sebesar 88,15% termasuk kategori sangat baik..

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.72 Dal p
Keywords: website, hasil belajar, motivasi siswa, respon siswa, asam dan basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 20 Mar 2025 06:17
Last Modified: 24 Apr 2025 05:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61635

Actions (login required)

View Item
View Item