nainggolan, elma margaretha (2016) HUBUNGAN ANTARA POLA PENDIDIKAN ORANG TUA DI RUMAH DENGAN KECERDASAN SOSIO-EMOSIONAL ANAK DI SD NEGERI 101783 SAENTIS DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123311025 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM 1123311025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
3. NIM 1123311025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 1123311025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. NIM 1123311025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM 1123311025 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 1123311025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 1123311025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 1123311025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. NIM 1123311025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 1123311025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Pola pendidikan orang tua di rumah merupakan faktor penting yang berhubungan dengan kecerdasan sosio-emosional anak, dari latar belakang keluarga yang berbeda akan membentuk pola pendidikan orang tua di rumah yang berbeda-beda dan diperkirakan dari pola pendidikan orang tua di rumah itu membentuk kecerdasan sosio-emosional yang berbeda juga terhadap anak. Di SD Negeri 101783 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang belum pernah diadakan penelitian tentang hubungan antara pola pendidikan orang tua di rumah dengan kecerdasan sosio-emosional anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola pendidikan orang tua di rumah dengan kecerdasan sosio-emosional anak di SD Negeri 101783 Saentis.
Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu pola pendidikan orang tua di rumah dimana teori ini dikemukakan oleh Helmawati (2014:138) dan dalam teori tersebut terdapat empat jenis pola pendidikan orang tua di rumah yaitu: 1) pola otoriter (parent oriented), 2) pola permisif (children centered), 3) pola demokratis, 4) pola situasional. Variabel kedua yaitu kecerdasan sosio-emosional anak yang merupakan teori dari Maurice (1999) menyatakan bahwasanya terdapat unsur-unsur penting dalam kecerdasan sosio-emosional anak, diantaranya: 1) kecakapan pribadi, 2) kecakapan sosial, 3) keterampilan sosial.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, VA,VB, VIA dan VI SD Negeri 101783 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang seluruhnya berjumlah 128 orang. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 50% dengan menggunakan teknik samping proportionate stratified random sampling, maka sampel berjumlah 64 orang siswa dengan rincian sampel kelas IV 17 siswa, kelas VA 13 siswa, kelas VB 12 siswa, kelas VIA 11 siswa dan kelas VIB 11 siswa . Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket yaitu angket pola pendidikan orang tua di rumah (Variabel X) dan angket kecerdasan sosio-emosional anak (Variabel Y). Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi Product Momen dan uji-t.
Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan pola pendidikan orang tua di rumah cenderung tergolong sedang dengan rata-rata skor sebesar 94,25 dan data kecerdasan sosio-emosional anak cenderung tergolong sedang dengan rata-rata skor 48,56. Hasil perhitungan korelasi diperoleh nilai rxy = 0,716 > rtabel = 0,246 dan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 8,087 > t tabel = 1,667. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola pendidikan orang tua di rumah dengan kecerdasan sosio-emosional anak di SD Negeri 101783 Saentis Deli Serdang Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 035 |
Keywords: | Kecerdesaan Sosio-Emosipnal Anak ; Pendidikan Orangtua |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 07:24 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6163 |