Siregar, Jumasari (2024) PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK (E-BOOK) KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER I TERINTEGRASI PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8206142008_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206142008_Cover.pdf
Download (83kB)
![[thumbnail of 8206142008_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206142008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (560kB)
![[thumbnail of 8206142008_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206142008_Kata_Pengantar.pdf
Download (167kB)
![[thumbnail of 8206142008_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206142008_Abstrak.pdf
Download (91kB)
![[thumbnail of 8206142008_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206142008_Daftar_Isi.pdf
Download (49kB)
![[thumbnail of 8206142008_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206142008_Daftar_Tabel.pdf
Download (96kB)
![[thumbnail of 8206142008_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206142008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 8206142008_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206142008_Daftar_Gambar.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 8206142008_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206142008_BAB_I.pdf
Download (321kB)
![[thumbnail of 8206142008_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206142008_BAB_V.pdf
Download (89kB)
![[thumbnail of 8206142008_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206142008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (355kB)
Abstract
Buku Elektronik (E-Book) merupakan salah satu alternatif bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru maupun peserta didik kapan saja dan dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; hasil analisis kebutuhan bahan ajar dan konsep materi yang digunakan disekolah, tingkat kelayakan buku elektronik (e-book) kimia SMA kelas XI semester 1 terintegrasi pendekatan STEM, hasil belajar, respon, dan efikasi diri peserta didik setelah menggunakan buku elektronik (e-book) kimia SMA kelas XI semester 1 terintegrasi pendekatan STEM. Penelitian ini merupakan penelitian research & development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan evaluation). Sampel penelitian terdiri dari 36 peserta didik kelas XI sebagai kelas uji coba di SMA Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Sabah Malaysia. Instrumen penelitian terdiri dari angket berdasarkan BSNP, tes uji pemahaman, angket respon, dan angket efikasi diri peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan buku elektronik (e-book) yang dikembangkan memperoleh hasil rata-rata validasi 3,7 tergolong dalam kategori sangat layak, pada hasil belajar setelah menggunakan buku elektronik (e-book) kimia SMA kelas XI semester 1 terintegrasi pendekatan STEM diperoleh rata-rata nilai 86 nilai peserta didik lebih tinggi dari KKM (75), untuk Efikasi diri peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 92,55% dengan kategori tinggi, dan untuk respon peserta didik diperoleh rata-rata 92,9% dengan kategori tinggi/sangat layak. Hasil data mengungkapkan bahwa buku elektronik (e-book) yang telah dikembangkan valid serta dapat meningkatkan hasil belajar dan efikasi diri peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Sir p |
Keywords: | E-Book, STEM, Hasil Belajar, Efikasi Diri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 04:41 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61628 |