Dini, Fatma Harian (2024) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM MENGGUNAKANMODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8206141005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206141005_Cover.pdf
Download (46kB)
![[thumbnail of 8206141005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206141005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8206141005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206141005_Kata_Pengantar.pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of 8206141005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206141005_Abstrak.pdf
Download (68kB)
![[thumbnail of 8206141005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206141005_Daftar_Isi.pdf
Download (126kB)
![[thumbnail of 8206141005_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206141005_Daftar_Tabel.pdf
Download (73kB)
![[thumbnail of 8206141005_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206141005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (65kB)
![[thumbnail of 8206141005_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206141005_Daftar_Gambar.pdf
Download (156kB)
![[thumbnail of 8206141005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206141005_BAB_I.pdf
Download (360kB)
![[thumbnail of 8206141005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206141005_BAB_V.pdf
Download (66kB)
![[thumbnail of 8206141005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206141005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (312kB)
Abstract
Proses pembelajaran yang baik dapat terwujud apabila didukung oleh sumber belajar dan media pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui analisis kebutuhan E-Learning berbasis Google Classroom pada pembelajaran kimia di sekolah. (2) kelayakan pengembangan dan kelayakan E-Learning berbasis Google Classroom dengan model PjBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi redoks. yang dikembangkan (3) perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan berpikir peserta didik dengan nilai kriteria standar gain ternormalisasi (4) respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dilaksanakan dari Mei hingga Oktober 2022 bertempat di SMA Swasta Ahmad Yani Binjai. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan prosedur penelitian pengembangan. Kelayakan media pembelajaran E- Learning berbasis Google Classroom dengan model PjBL. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial uji one sample t-test. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Hasil analisis kebutuhan dibutuhkan e-learning berbasis google classroom menggunakan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik dapat digunakan melalui android/Hp dan juga laptop/Pc yang penggunaannya dengan tidak dibatasi ruang dan waktu (2) Hasil pengembangan e-learning telah layak digunakan berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan perolehan rata-rata kelayakan materi 3,86 dan kelayakan media elektronik 3,83. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil kemampuan berpikir kreatif berupa kemampuan berfikir kreatif peserta didik yang dibelajarkan dengan e-learning berbasis google classroom dengan menggunakan model project based learning dengan menggunakan aplikasi google classroom lebih tinggi dari nilai gain ternormalisasi (N-Gain) 70. (4) Respon peserta didik terhadap penerapan e-learning berbasis google classroom dengan menggunakan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata respon peserta didik adalah sebesar 86,48%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.3707 2 Din p |
Keywords: | Berpikir Kreatif, E-Learning, Google Classroom, Project Based Learning (PjBL) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 04:36 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61626 |