PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 4 MANDAILING NATAL

Sidabutar, Marta Juliati (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 4 MANDAILING NATAL. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216166004_Cover.pdf] Text
8216166004_Cover.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 8216166004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216166004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of 8216166004_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216166004_Kata_Pengantar.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 8216166004_Abstrak.pdf] Text
8216166004_Abstrak.pdf

Download (613kB)
[thumbnail of 8216166004_Daftar_Isi.pdf] Text
8216166004_Daftar_Isi.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of 8216166004_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216166004_Daftar_Tabel.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 8216166004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216166004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 8216166004_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216166004_Daftar_Gambar.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 8216166004_BAB_I.pdf] Text
8216166004_BAB_I.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of 8216166004_BAB_V.pdf] Text
8216166004_BAB_V.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 8216166004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216166004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (486kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran dan sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi lapangan ditemukan masalah tidak adanya penggunaan media pembelajaran interaktif yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Dimana media pembelajaran yang digunakan masih terbatas pada media konvensional. Hal ini menyebabkan siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran dan menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk video animasi berbasis pembelajaran flipped classroom pada mata pelajaran IPS Ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 4 Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 4 Mandailing Natal, dengan populasi siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan soal test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kelayakan media dan analisis data tes. Hasil penelitian yang diperoleh dari ahli validator media, ahli validator materi, ahli validator desain, guru bidang studi IPS dan siswa adalah sebesar 89,43% dengan kategori “sangat layak” sehingga disimpulkan bahwa media video animasi berbasis pembelajaran flipped classroom yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan (valid) digunakan sebagai media pembelajaran IPS kelas VIII. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 88,00 dan kelas kontrol 66,00 dengan perolehan nilai sig.0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video animasi berbasis pembelajaran flipped classroom yang dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 4 Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 330.72 Sid p
Keywords: Video Animasi IPS Ekonomi, Flipped Classroom, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 20 Mar 2025 04:20
Last Modified: 24 Apr 2025 04:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61615

Actions (login required)

View Item
View Item