simbolon, roandri fridery (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311062 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 1123311062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
3. NIM. 1123311062 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 1123311062 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM. 1123311062 PREFACE .pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6. NIM. 1123311062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
7. NIM. 1123311062 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1123311062 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1123311062 LIST OF GRAFIK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
10. NIM. 1123311062 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
11. NIM. 1123311062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
15. NIM. 1123311062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
16. NIM. 1123311062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Materi Pokok Peristiwa Menjelang Kemerdekaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran IPS Materi Pokok Peristiwa Menjelang Kemerdekaan.
Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan menggunakan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa dengan menggunakan test hasil belajar sedangkan untuk mengetahui aktivitas mengajar guru dan aktivitas murid digunakan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan persentase dan analisis kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa yang berjumlah 25 orang terdiri dari 16 perempuan dan 9 laki-laki.
Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai ,Tes awal, Siklus I, dan Siklus II. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa meningkat, yaitu tingkat ketuntasan Klasikal sebesar >70.Berdasarkan hasil penelitian dari 25 orang siswa pada saat tes awal tingkat ketuntasan klasikal siswa kelas V sebanyak 5 orang siswa (20%) sedangkan sebanyak 20 orang siswa (80%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata klasikal 46,42. Pada siklus I sebanyak 10 orang siswa (40%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 15 orang siswa (60%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata klasikal 60,01. Pada siklus II sebanyak 21 orang siswa (84%) mendapat nilai tuntas, sedangkan sebanyak 4 orang siswa (16%) belum mendapat nilai tuntas, dengan nilai rata-rata klasikal 86,01.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaranmake a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok peristiwa menjelang kemerdekaan di Kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2015/2016. Oleh karenanya salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Khususnya peristiwa menjelang kemerdekaan dapat menggunakan model pembelajaran make a match.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 069 |
Keywords: | Model Kooperatif; IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 06:52 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6160 |