PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA DI KELAS IV SDN 064009 KECAMATAN MARELAN

Suyanti (2024) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA DI KELAS IV SDN 064009 KECAMATAN MARELAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226182010_Cover.pdf] Text
8226182010_Cover.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 8226182010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226182010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 8226182010_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226182010_Kata_Pengantar.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 8226182010_Abstrak.pdf] Text
8226182010_Abstrak.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 8226182010_Daftar_Isi.pdf] Text
8226182010_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226182010_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226182010_Daftar_Tabel.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226182010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226182010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8226182010_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226182010_Daftar_Gambar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226182010_BAB_I.pdf] Text
8226182010_BAB_I.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 8226182010_BAB_V.pdf] Text
8226182010_BAB_V.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 8226182010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226182010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (217kB)

Abstract

Perkembangan teknologi menjadi bagian penting dari dunia pendidikan dan
mempengaruhi pada proses belajar yang berdampak kepada hasil belajar,
kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran belum maksimal atau
rendah, sehingga diperlukan inovasi baru dalam mengatasi hal tersebut. Penelitian
ini bertujuan untuk menghasilkan produk media audio visual Qr-Code,
menganalisis kelayakan, kepraktisan dan kefektifan dari media audio visual
berbasis Qr-Code untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Negaraku
Indonesia pada siswa IV SDN 064009 Kecamatan Marelan yang dikembangkan
layak, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Jenis
penelitian adalah research and development dengan model ADDIE (Analyze,
Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penelitian
yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, lembar validasi, angket
respon guru, siswa dan orang tua siswa. Subjek penelitian terdiri dari validator
ahli materi, media dan bahasa, guru, tiga puluh siswa dan orang tua siswa. Media
audio visual berbasis Qr-Code pada materi Negaraku Indonesia secara
keseluruhan dinyatakan layak, praktis dan efektif. Hal dinyatakan dari hasil
kelayakan validasi materi tahap I sebesar 70 % capaian cukup layak dan tahap II
sebesar 91% capaian sangat layak, kemudian ahli materi mendapatkaan persentase
71% capaian cukup dan di tahap II sebesar 94% capaian sangat layak dan terakhir
ahli bahasa tahap I sebesar 76% capaian layak dan tahap II sebesar 96% capaian
sangat layak. Kemudian hasil uji kepraktisan yang terhadap guru sebesar 90%
capaian sangat praktis, 30 siswa mendapatkan persentase sebesar 85% dan orang
tua siswa mendapatkan persentase sebesar 87% capaian sangat praktis dan
terakhir, keefektifan media audio visual berbasis Qr-Code dilakukan uji gain dan
hasil uji gain pada hasil belajar siswa kelas IV mendapatkan nilai sebesar 0.65
terkatgori efektif. Dapat disimpulkan bahwa media audio visual berbasis Qr-Code
yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan yang
dapat digunakan untuk meningkatkanhasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Media audio vosual, Qr-Code, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 20 Mar 2025 03:26
Last Modified: 20 Mar 2025 03:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61599

Actions (login required)

View Item
View Item