PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SDN 104237 DALU XB TANJUNGMORAWA

Khasanah, Siska Nida'ul (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SDN 104237 DALU XB TANJUNGMORAWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206182014_Cover.pdf] Text
8206182014_Cover.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 8206182014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206182014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 8206182014_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206182014_Kata_Pengantar.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 8206182014_Abstrak.pdf] Text
8206182014_Abstrak.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 8206182014_Daftar_Isi.pdf] Text
8206182014_Daftar_Isi.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 8206182014_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206182014_Daftar_Tabel.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 8206182014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206182014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 8206182014_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206182014_Daftar_Gambar.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 8206182014_BAB_I.pdf] Text
8206182014_BAB_I.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 8206182014_BAB_V.pdf] Text
8206182014_BAB_V.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 8206182014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206182014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan
LKPD berbasis STEM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan
(Research and Development) model ADDIE. Subjek Penelitian ini adalah 27 orang
peserta didik kelas III di SDN 104237 Dalu XB Tanjungmorawa. Metode yang
digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik deskriptif kualitatif yang
diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Instrumen
peneletian memiliki 15 soal yang valid, dengan tingkat kesukaran dan daya beda
soal yang baik dengan nilai reliabilitas 0.86. Penelitian pengembangan ini
menghasilkan produk layak yang memenuhi validitas materi, kebahasaan dan
desain dengan rata-rata persentase sebesar 93,60% dengan kategori valid. LKPD
ini dikatakan praktis berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh
persentase 86,66% dengan kategori baik dan respon posistif siswa mencapai 88,22.
LKPD dinyatakan efekif digunakan untuk meningkatkan kemampaun berpikir kritis
peserta didik dilihat dari hasil tes mencapai 96% ketuntasan belajar klasikal dengan
persentase N-gain mencapai 0,80 dengan kategori tinggi dan hasil dari analisis
statistik dengan uji one sample t-tes diperoleh nilai thitung = 8,09 ≥ ttabel = 2,074.
Dengan demikian dapat dinyatakan rata-rata tes kemampuan berpikir kritis siswa
pada kelas III SDN 104237 menggunakan LKPD berbasis STEM ≥ 75.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: LKPD, STEM, kelayakan, kepraktisan, keefektifan, Kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 20 Mar 2025 03:13
Last Modified: 20 Mar 2025 03:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61592

Actions (login required)

View Item
View Item