syahputri, intan (2016) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 085115 SIBOLGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123111040 COVER.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
2. NIM 1123111040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
3. NIM 1123111040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4. NIM 1123111040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM 1123111040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
6. NIM 1123111040 TABLES.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
7. NIM 1123111040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
8. NIM 1123111040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
9. NIM 1123111040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. NIM 1123111040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
14. NIM 1123111040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakahterdapat hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 085115 Sibolga T.A. 2015/2016?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 085115 Sibolga, untuke mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 085115 Sibolga dan untik mengetahui apakah ada hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 085115 Sibolga.
Jenispenelitianiniadalahpenelitiandeskriptifkorelasionaldenganjumlahsubjekpenelitiansebanyak32 orang siswa yang berasaldarisiswakelas V padatahunajaran 2015/2016. Untukmemperolehdata peneliti menggunakan angket dan dokumentasi. Sebelum melakukan penelitian dilakukan dahulu uji coba yaitu menggunakan validitas dan reabilitas. Hasil perhitungan reabilitas angket diperoleh indeks reabilitas atau r11 = 0,802. makadisimpulkanbahwaangketmotivasibelajarsiswaberdasarkanindekskorelasidinyatakanreliabeldengantingkatkepercayaanpadakategorisangattinggi (antara 0,800 s/d 1,000).
Analisis data dilakukandenganrumusProduct Moment.Hasilpenelitian yang diperolehmenunjukkan, terdapathubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasibelajarsiswadimanarxy>rtabelyaitu0,542 .> 0,349dannilaithitung> t tabelyaitu3,523>1,697. Sehinggahipotesis yang diajukandapatditerimadanterujikebenarannyapadataraf α = 0,05. Sebelummelakukanteknikanalisis data terlebihdahuludilakukanujipersyaratananalisis data yaknidenganujinormalitasdanujilinieritas yang dapatdiperolehhasilnyavariabelberdistribusi normal (motivasi belajarmemilikinilai 0,117dengantaraf α = 0,05)dantidak berdistribusi normal(prestasibelajarmemilikinilai 0,564dengantaraf α = 0,05).
Berdasarkanpembahasandananalisis data dapatdisimpulkanbahwahipotesis yang menyatakan “Terdapathubungan yang positifdansignifikanantaramotivasi belajardenganprestasibelajarsiswakelas V SD Negeri 085115 Sibolga T.A 2015/2016”.Dapatditerima. Dimanasemakinbaik motivasi belajar makasemakinbaikprestasibelajar siswa yang diperolehsiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 121 |
Keywords: | Prestasi Belajar; Motivasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 06:35 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6158 |