PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI MIA 2 SMAN 13 MEDAN PADA MATERI TERMODINAMIKA

Siregar, Putri Andriani MF (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI MIA 2 SMAN 13 MEDAN PADA MATERI TERMODINAMIKA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4172121012_Cover.pdf] Text
4172121012_Cover.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 4172121012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4172121012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of 4172121012_Abstrak.pdf] Text
4172121012_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4172121012_Kata_Pengantar.pdf] Text
4172121012_Kata_Pengantar.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 4172121012_Daftar_Isi.pdf] Text
4172121012_Daftar_Isi.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 4172121012_Daftar_Gambar.pdf] Text
4172121012_Daftar_Gambar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4172121012_Daftar_Tabel.pdf] Text
4172121012_Daftar_Tabel.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4172121012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4172121012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4172121012_BAB_I.pdf] Text
4172121012_BAB_I.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 4172121012_BAB_V.pdf] Text
4172121012_BAB_V.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4172121012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4172121012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (210kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis proyek pada materi termodinamika dan menganalisis peningkatan kreativitas e-modul interaktif ditinjau dari tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan e-modul. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data berupa angket validitas, praktikalitas, serta efektivitas peningkatan kreativitas berupa pre-test dan post-test yang disesuaikan dengan indikator kreativitas. Penelitian dilakukan melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian meliputi dua dosen fisika dan guru fisika sebagai validator, serta siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 13 Medan. Hasil penelitian tingkat kelayakan diperoleh persentasi rata-rata ahli materi 71 %, ahli media 75 %, dan guru bidang studi fisika 84,21 % dengan kategori layak. tingkat kepraktisan e-modul memperoleh persentasi rata- rata 80,55% pada uji coba skala kecil dan 92,91% pada uji coba skala besar dengan kategori sangat praktis. Tingkat keefektifan e-modul diperoleh N-gain sebesar 0,77 menunjukkan peningkatan pada kreativitas siswa yang disesuaikan dengan indikator hasil pre-test dan post-test. Tingkat keefektifan e-modul interaktif berbasis proyek pada materi termodinamika dinyatakan layak, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul Interaktif Berbasis Proyek, Kreativitas,Termodinamika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2025 02:56
Last Modified: 20 Mar 2025 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61579

Actions (login required)

View Item
View Item