Siregar, Putri Andriani MF (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI MIA 2 SMAN 13 MEDAN PADA MATERI TERMODINAMIKA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4172121012_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121012_Cover.pdf
Download (218kB)
![[thumbnail of 4172121012_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (509kB)
![[thumbnail of 4172121012_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121012_Abstrak.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 4172121012_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121012_Kata_Pengantar.pdf
Download (375kB)
![[thumbnail of 4172121012_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121012_Daftar_Isi.pdf
Download (172kB)
![[thumbnail of 4172121012_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121012_Daftar_Gambar.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 4172121012_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121012_Daftar_Tabel.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 4172121012_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 4172121012_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121012_BAB_I.pdf
Download (409kB)
![[thumbnail of 4172121012_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121012_BAB_V.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 4172121012_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (210kB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis proyek pada materi termodinamika dan menganalisis peningkatan kreativitas e-modul interaktif ditinjau dari tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan e-modul. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data berupa angket validitas, praktikalitas, serta efektivitas peningkatan kreativitas berupa pre-test dan post-test yang disesuaikan dengan indikator kreativitas. Penelitian dilakukan melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian meliputi dua dosen fisika dan guru fisika sebagai validator, serta siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 13 Medan. Hasil penelitian tingkat kelayakan diperoleh persentasi rata-rata ahli materi 71 %, ahli media 75 %, dan guru bidang studi fisika 84,21 % dengan kategori layak. tingkat kepraktisan e-modul memperoleh persentasi rata- rata 80,55% pada uji coba skala kecil dan 92,91% pada uji coba skala besar dengan kategori sangat praktis. Tingkat keefektifan e-modul diperoleh N-gain sebesar 0,77 menunjukkan peningkatan pada kreativitas siswa yang disesuaikan dengan indikator hasil pre-test dan post-test. Tingkat keefektifan e-modul interaktif berbasis proyek pada materi termodinamika dinyatakan layak, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Modul Interaktif Berbasis Proyek, Kreativitas,Termodinamika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 02:56 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61579 |