DESAIN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI DI MAN TAPANULI SELATAN

Aulia, Nurhalizah (2024) DESAIN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI DI MAN TAPANULI SELATAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4172121012_Cover.pdf] Text
4172121012_Cover.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 4172121012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4172121012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of 4172121012_Abstrak.pdf] Text
4172121012_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4172121012_Kata_Pengantar.pdf] Text
4172121012_Kata_Pengantar.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 4172121012_Daftar_Isi.pdf] Text
4172121012_Daftar_Isi.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 4172121012_Daftar_Gambar.pdf] Text
4172121012_Daftar_Gambar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4172121012_Daftar_Tabel.pdf] Text
4172121012_Daftar_Tabel.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4172121012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4172121012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4172121012_BAB_I.pdf] Text
4172121012_BAB_I.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 4172121012_BAB_V.pdf] Text
4172121012_BAB_V.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4172121012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4172121012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pembelajaran blended learning menggunakan google classroom terhadap hasil belajar siswa MAN Tapanulis Selatan pada materi suhu dan kalor kelas XI dengan populasi 32 siswa yang dikembangkan valid, efektif dan praktis. Manfaat dari penelitian ini agar pembelajaran blended learning dapat diaplikasikan lebih baik lagi dalam proses pembelajaran dan meningkatkan mutu pendidikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Analisis kevalidan Instrumen Desain Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Google Classroom yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan hasil uji kelayakan validasi oleh ahli. Kepraktisan instrumen didapati dengan angket respon siswa terhadap media pembelajaran, dimana hasil angket didapati bahwa instrumen telah memenuhi kriteria sangat praktis dan hasil tes kepraktisan instrumen didapati bahwa adanya pengaruh penerapan model Pembelajaran Blended Learning menggunakan google classroom terhadap hasil belajar siswa di MAN Tapanuli Selatan efektif dengan persentase 87% dari keseluruhan jumlah siswa. Keefektifan Instrumen dilihat dari lembar aktivitas siswa dimana hasil angket di dapati bahwa aktivitas siswa sangat tinggi dengan persentase 94%. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dengan hasil n-gain dari pretest dan posttest terdapat hasil belajar siswa 30 orang tinggi dengan persentase 82% dan siswa 2 orang sedang dengan presentasi 6%. Secara keseluruhan Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran blended learning menggunakan google classroom pada materi suhu dan kalor telah memenuhi persyaratan yang valid, praktis, dan efektif. Sehingga desain pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Blended Learning, Menggunakan Google Classroom, Suhu dan Kalor.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2025 02:08
Last Modified: 20 Mar 2025 02:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61552

Actions (login required)

View Item
View Item