PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS V UPT SPF SDN 101764 BANDAR KLIPPA

Larosa, Fajar Solidman (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS V UPT SPF SDN 101764 BANDAR KLIPPA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226181002_Cover.pdf] Text
8226181002_Cover.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 8226181002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226181002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226181002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226181002_Kata_Pengantar.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 8226181002_Abstrak.pdf] Text
8226181002_Abstrak.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 8226181002_Daftar_Isi.pdf] Text
8226181002_Daftar_Isi.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 8226181002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226181002_Daftar_Tabel.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 8226181002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226181002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 8226181002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226181002_Daftar_Gambar.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 8226181002_BAB_I.pdf] Text
8226181002_BAB_I.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 8226181002_BAB_V.pdf] Text
8226181002_BAB_V.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 8226181002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226181002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran model Problem Based Learning yang layak, praktis dan efektif. Penelitian dilaksanakan di SDN 101764 Bandar Klippa. Subjek penelitian ini adalah kelas V sebanyak 25 orang siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket validasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan hasil validasi ahli materi 95,2% kriteria sangat valid, Hasil validasi ahli desain 96,19% kriteria sangat valid, Hasil validasi ahli media 90,66% kriteria sangat valid. Dari hasil validasi para ahli video pembelajaran layak untuk digunakan. (2) Berdasarkan hasil respon siswa diperoleh uji coba kelompok kecil 89,89% kriteria sangat praktis, Hasil uji coba lapangan 91,48% kriteria sangat praktis. Dari hasil respon siswa diasumsikan bahwa video pembelajaran praktis untuk digunakan; (3) Berdasarkan hasil uji coba lapangan telah diperoleh bahwa video pembelajaran model PBL mampu meningkatkan hasil belajar dan kreativitas belajar siswa kelas V SDN 101764 Bandar Klippa. Peningkatan terlihat pada nilai N-Gain dengan skor 0,615 yang dinyatakan berkategori sedang. Persentases ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 88% dan peningkatan kreativitas belajar siswa rata-rata kategori kreatif. Artinya video pembelajaran model Problem Based Learning dapat efektif digunakan dalam proses pembelajaran matematika siswa di kelas V SDN 101764 Bandar Klippa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 Lar p
Keywords: Video Pembelajaran, Model PBL, Hasil Belajar, Kreativitas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Mar 2025 06:55
Last Modified: 23 Apr 2025 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61516

Actions (login required)

View Item
View Item