PENGEMBANGAN LKPD IPA MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN HOTS-LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 060874 MEDAN

Rozali, Dini (2024) PENGEMBANGAN LKPD IPA MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN HOTS-LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 060874 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226181012_Cover.pdf] Text
8226181012_Cover.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 8226181012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226181012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 8226181012_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226181012_Kata_Pengantar.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 8226181012_Abstrak.pdf] Text
8226181012_Abstrak.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 8226181012_Daftar_Isi.pdf] Text
8226181012_Daftar_Isi.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 8226181012_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226181012_Daftar_Tabel.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 8226181012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226181012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 8226181012_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226181012_Daftar_Gambar.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 8226181012_BAB_I.pdf] Text
8226181012_BAB_I.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 8226181012_BAB_V.pdf] Text
8226181012_BAB_V.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 8226181012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226181012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya aktivitas belajar yang belum
maksimal sebab tidak memberi ruang kepada peserta didik agar aktif memperoleh
konsep pembelajaran sehingga belum merangsang berpikir tingkat tinggi (HOTS)
siswa. Serta pembelajaran IPA yang dilaksanakan belum menuntut siswa untuk
bisa mengembangkan kecakapan pemecahan permasalahan sebagai kemampuan
literasi karena pada proses belajar guru belum menggunakan LKPD. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Kevalidan, Keefektifan, dan Kepraktisan LKPD IPA
Berbasis Inquiry Training yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dengan subjek
penelitiannya siswa-siswi kelas V SDN 060874 Medan. Instrumen penelitian
menggunakan lembar angket validasi, angket respon dan tes kemampuan HOTSLiterasi
Sains. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) LKPD IPA yang
dikembangkan dinyatakan valid, efektif dan praktis dalam proses pembelajaran
terhadap kemampuan HOTS-Literasi Sains siswa. 2) Berdasarkan indeks gain
ternormalisasi, diperoleh bahwa skor N-Gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang
sehingga dimaknai cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan HOTS-Literasi
Sains. 3) Berdasarkan uji one sample t-test menunjukkan �ℎ����� > ������ yaitu
3,057 > 1,711, sehingga disimpulkan Hₐ diterima artinya nilai HOTS-Literasi
sains siswa lebih besar dari nilai KKM sebesar 70 setelah pembelajaran
menggunakan LKDP IPA Berbasis Inquiry Training.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: HOTS-Literasi Sains, Ilmu Pengetahuan Alam, Inquiry Training, , Model ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Mar 2025 06:49
Last Modified: 19 Mar 2025 06:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61512

Actions (login required)

View Item
View Item