Rozali, Dini (2024) PENGEMBANGAN LKPD IPA MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN HOTS-LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 060874 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226181012_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181012_Cover.pdf
Download (37kB)
![[thumbnail of 8226181012_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (294kB)
![[thumbnail of 8226181012_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181012_Kata_Pengantar.pdf
Download (126kB)
![[thumbnail of 8226181012_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181012_Abstrak.pdf
Download (157kB)
![[thumbnail of 8226181012_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181012_Daftar_Isi.pdf
Download (101kB)
![[thumbnail of 8226181012_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181012_Daftar_Tabel.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 8226181012_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 8226181012_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181012_Daftar_Gambar.pdf
Download (65kB)
![[thumbnail of 8226181012_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181012_BAB_I.pdf
Download (335kB)
![[thumbnail of 8226181012_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181012_BAB_V.pdf
Download (169kB)
![[thumbnail of 8226181012_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (252kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya aktivitas belajar yang belum maksimal sebab tidak memberi ruang kepada peserta didik agar aktif memperoleh konsep pembelajaran sehingga belum merangsang berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa. Serta pembelajaran IPA yang dilaksanakan belum menuntut siswa untuk bisa mengembangkan kecakapan pemecahan permasalahan sebagai kemampuan literasi karena pada proses belajar guru belum menggunakan LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kevalidan, Keefektifan, dan Kepraktisan LKPD IPA Berbasis Inquiry Training yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dengan subjek penelitiannya siswa-siswi kelas V SDN 060874 Medan. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket validasi, angket respon dan tes kemampuan HOTSLiterasi Sains. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) LKPD IPA yang dikembangkan dinyatakan valid, efektif dan praktis dalam proses pembelajaran terhadap kemampuan HOTS-Literasi Sains siswa. 2) Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa skor N-Gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang sehingga dimaknai cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan HOTS-Literasi Sains. 3) Berdasarkan uji one sample t-test menunjukkan yaitu 3,057 > 1,711, sehingga disimpulkan Hₐ diterima artinya nilai HOTS-Literasi sains siswa lebih besar dari nilai KKM sebesar 70 setelah pembelajaran menggunakan LKDP IPA Berbasis Inquiry Training.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 Roz p |
Keywords: | HOTS-Literasi Sains, Ilmu Pengetahuan Alam, Inquiry Training, , Model ADDIE. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 06:49 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61512 |