PENGEMBANGAN LKPD IPA MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN HOTS-LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 060874 MEDAN

Rozali, Dini (2024) PENGEMBANGAN LKPD IPA MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN HOTS-LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 060874 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226181012_Cover.pdf] Text
8226181012_Cover.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 8226181012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226181012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 8226181012_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226181012_Kata_Pengantar.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 8226181012_Abstrak.pdf] Text
8226181012_Abstrak.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 8226181012_Daftar_Isi.pdf] Text
8226181012_Daftar_Isi.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 8226181012_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226181012_Daftar_Tabel.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 8226181012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226181012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 8226181012_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226181012_Daftar_Gambar.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 8226181012_BAB_I.pdf] Text
8226181012_BAB_I.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 8226181012_BAB_V.pdf] Text
8226181012_BAB_V.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 8226181012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226181012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya aktivitas belajar yang belum maksimal sebab tidak memberi ruang kepada peserta didik agar aktif memperoleh konsep pembelajaran sehingga belum merangsang berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa. Serta pembelajaran IPA yang dilaksanakan belum menuntut siswa untuk bisa mengembangkan kecakapan pemecahan permasalahan sebagai kemampuan literasi karena pada proses belajar guru belum menggunakan LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kevalidan, Keefektifan, dan Kepraktisan LKPD IPA Berbasis Inquiry Training yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dengan subjek penelitiannya siswa-siswi kelas V SDN 060874 Medan. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket validasi, angket respon dan tes kemampuan HOTSLiterasi Sains. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) LKPD IPA yang dikembangkan dinyatakan valid, efektif dan praktis dalam proses pembelajaran terhadap kemampuan HOTS-Literasi Sains siswa. 2) Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa skor N-Gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang sehingga dimaknai cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan HOTS-Literasi Sains. 3) Berdasarkan uji one sample t-test menunjukkan yaitu 3,057 > 1,711, sehingga disimpulkan Hₐ diterima artinya nilai HOTS-Literasi sains siswa lebih besar dari nilai KKM sebesar 70 setelah pembelajaran menggunakan LKDP IPA Berbasis Inquiry Training.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372 Roz p
Keywords: HOTS-Literasi Sains, Ilmu Pengetahuan Alam, Inquiry Training, , Model ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Mar 2025 06:49
Last Modified: 23 Apr 2025 08:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61512

Actions (login required)

View Item
View Item