Daulay, Agus Satria (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN NO. 100960 AEK BAYUR. Masters thesis, UNIMED.
8226182026_Cover.pdf
Download (20kB)
8226182026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (760kB)
8226182026_Kata_Pengantar.pdf
Download (230kB)
8226182026_Abstrak.pdf
Download (10kB)
8226182026_Daftar_Isi.pdf
Download (401kB)
8226182026_Daftar_Tabel.pdf
Download (208kB)
8226182026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (207kB)
8226182026_Daftar_Gambar.pdf
Download (206kB)
8226182026_BAB_I.pdf
Download (252kB)
8226182026_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (507kB)
8226182026_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (388kB)
8226182026_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (729kB)
8226182026_BAB_V.pdf
Download (16kB)
8226182026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (137kB)
8226182026_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, untuk (1) Mengembangkan E-Modul berbasis problem based learning pada mata pelajaran pendidikan Pancasila kelas IV SDN No. 100960 Aek Bayur materi Pancasila dalam diriku yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran; (2) Mengembangkan E-Modul berbasis problem based learning pada mata pelajaran pendidikan Pancasila kelas IV SDN No. 100960 Aek Bayur materi Pancasila dalam diriku yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah validator ahli materi, ahli model, ahli media, ahli bahasa, guru, dan 30 siswa kelas IV. E-Modul berbasis problem based learning pada mata pelajaran pendidikan Pancasila kelas IV SDN No. 100960 Aek Bayur materi pendidikan Pancasila secara keseluruhan dinyatakan layak. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli materi sebesar 91%. Ahli media sebesar 90%, dan ahli bahasa sebesar 93% dengan capaian sangat layak. Keefektifan E-Modul berbasis problem based learning sebesar 89,7% dengan capaian sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis problem based learning sangat layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 372.8 Dau p |
| Keywords: | Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Pengembangan E-Modul, Problem Based Learning |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 19 Mar 2025 05:56 |
| Last Modified: | 25 Jul 2025 02:35 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61505 |
