Manalu, Zepanya Valentina (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DI KELAS V SDN 106806 CINTA RAKYAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111171_Cover.pdf
Download (247kB)
1203111171_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (716kB)
1203111171_Abstrak.pdf
Download (361kB)
1203111171_Kata_Pengantar.pdf
Download (394kB)
1203111171_Daftar_Isi.pdf
Download (254kB)
1203111171_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
1203111171_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
1203111171_Daftar_Lampiran.pdf
Download (57kB)
1203111171_BAB_I.pdf
Download (578kB)
1203111171_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111171_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111171_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111171_BAB_V.pdf
Download (202kB)
1203111171_Daftar_Pustaka.pdf
Download (335kB)
1203111171_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, praktikalitas, dan keefektifan dari media papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS “Daerahku Kebanggaanku” di kelas V SD Negeri 106806 Cinta Rakyat tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 36 orang yang terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas observasi, wawancara, angket, dan tes. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen wawancara, instrumen ahli (angket, tes, media, dan materi), instrumen praktikalitas (angket respon guru dan siswa), dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil kelayakan produk mendapatkan persentase 71,5% dan termasuk kategori layak. Hasil praktikalitas produk mendapatkan persentase 91% dan termasuk kategori sangat praktis. Hasil efektifitas produk memperoleh hasil terdapat 18 siswa dengan persentase 50% yang hasil belajarnya pada kategori efektif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa papan pintar untuk pembelajaran IPAS Bab 7 Daerahku Kebanggaanku dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Papan Pintar, Hasil Belajar, IPAS |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 08 May 2025 01:38 |
| Last Modified: | 21 Aug 2025 04:49 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61490 |
