PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DI KELAS V SDN 106806 CINTA RAKYAT

Manalu, Zepanya Valentina (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DI KELAS V SDN 106806 CINTA RAKYAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111171_Cover.pdf] Text
1203111171_Cover.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 1203111171_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111171_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (716kB)
[thumbnail of 1203111171_Abstrak.pdf] Text
1203111171_Abstrak.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 1203111171_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111171_Kata_Pengantar.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 1203111171_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111171_Daftar_Isi.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 1203111171_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111171_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 1203111171_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111171_Daftar_Tabel.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 1203111171_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111171_Daftar_Lampiran.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 1203111171_BAB_I.pdf] Text
1203111171_BAB_I.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of 1203111171_BAB_V.pdf] Text
1203111171_BAB_V.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 1203111171_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111171_Daftar_Pustaka.pdf

Download (335kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, praktikalitas, dan keefektifan dari media papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS “Daerahku Kebanggaanku” di kelas V SD Negeri 106806 Cinta Rakyat tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 36 orang yang terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas observasi, wawancara, angket, dan tes. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen wawancara, instrumen ahli (angket, tes, media, dan materi), instrumen praktikalitas (angket respon guru dan siswa), dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil kelayakan produk mendapatkan persentase 71,5% dan termasuk kategori layak. Hasil praktikalitas produk mendapatkan persentase 91% dan termasuk kategori sangat praktis. Hasil efektifitas produk memperoleh hasil terdapat 18 siswa dengan persentase 50% yang hasil belajarnya pada kategori efektif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa papan pintar untuk pembelajaran IPAS Bab 7 Daerahku Kebanggaanku dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Papan Pintar, Hasil Belajar, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 08 May 2025 01:38
Last Modified: 08 May 2025 01:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61490

Actions (login required)

View Item
View Item