PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING TOPIK WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS IV SDN 010028 SIMPANG EMPAT KABUPATEN ASAHAN T.A 2023/2024

ASA, ZAFIRA AQILA (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING TOPIK WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS IV SDN 010028 SIMPANG EMPAT KABUPATEN ASAHAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111143_Cover.pdf] Text
1203111143_Cover.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 1203111143_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111143_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 1203111143_Abstrak.pdf] Text
1203111143_Abstrak.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 1203111143_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111143_Kata_Pengantar.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 1203111143_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111143_Daftar_Isi.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 1203111143_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111143_Daftar_Gambar.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 1203111143_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111143_Daftar_Tabel.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 1203111143_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111143_Daftar_Lampiran.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 1203111143_BAB_I.pdf] Text
1203111143_BAB_I.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of 1203111143_BAB_V.pdf] Text
1203111143_BAB_V.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 1203111143_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111143_Daftar_Pustaka.pdf

Download (352kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan serta mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan E-LKPD berbasis discovery learning topik wujud zat dan perubahannya kelas IV SDN 010028 Simpang Empat Kabupaten Asahan T.A 2023/2024. Penelitian ini disusun dan dikembangkan menggunakan metode R&D model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analyze/Analisis (2) Design/Rancangan (3) Development/Pengembangan (4) Implementation/Implementasi (5) Evaluation/Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, angket, tes soal, dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik Kelas IV SDN 010028 Simpang Empat berjumlah 24 orang. Hasil penelitian ini yaitu 87,5%% hasil uji validasi ahli materi dengan kategori sangat layak, 91,7% hasil uji validasi ahli media dengan kategori sangat layak, dan 92% hasil uji validasi ahli praktikalitas dengan kategori sangat layak. Keefektifan E-LKPD dinilai berdasarkan pada perolehan nilai pre-test dan post-test menggunakan rumus N-Gain persen dengan perolehan hasil sebesar 72,40% dengan kategori cukup efektif. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk pembeajaran berupa E-LKPD berbasis discovery learning layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, E-LKPD, discovery learning, SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 08 May 2025 01:42
Last Modified: 08 May 2025 01:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61484

Actions (login required)

View Item
View Item