Puspita, Switri Indah (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PROBING PROMPTING LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1123111093 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
02 NIM 1123111093 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (838kB) | Preview
03 NIM 1123111093 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
04 NIM 1123111093 PREFACE.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
05 NIM 1123111093 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
06 NIM 1123111093 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
07 NIM 1123111093 GRAPH.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
08 NIM 1123111093 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09 NIM 1123111093 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
10 NIM 1123111093 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
14 NIM 1123111093 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
15 NIM 1123111093 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan bertanya siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran masih bersifat monoton dan berlangsung satu arah yaitu dari guru ke siswa. Banyak siswa takut untuk bertanya kepada guru dan guru cenderung mengajar dengan metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa dengan menggunakan strategi Probing Prompting Learning di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung T.A 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ﴾PTK﴿. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 101767 Tembung yang berjumlah 25 orang siswa. Sedangka objek dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi Probing Prompting. Pelaksanaan PTK dilakukan selama 2 bulan mulai Januari sampai Februari yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi. Teknikl analisis yang digunakan yaitu dengan mengetahui persentase tingkat keterampilan siswa.
Hasil observasi keterampilan bertanya awal siswa (prasiklus) dari 24 orang siswa, terdapat 21 orang (87,50%) kurang terampil dan 3 orang (12,5%) yang cukup terampil dengan nilai rata-rata 43,12. Berdasarkan pengamatan setelah diberikan tindakan dengan penggunaan strategi Probing Prompting, pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 68,12 dengan persentase 54,17% (13 orang) terampil bertanya dan 45,83% (11 orang) kurang terampil bertanya. Pada hasil observasi keterampilan bertanya siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 77,08 dengan persentase 83,3% (20 orang) terampil bertanya dan 16,67% (4 orang) kurang terampil dalam bertanya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Probing Prompting dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas IV SD Negeri 101767 Tembung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 004 |
Keywords: | Ketrampilan Betanya; Pembelajaran Bahasa Indonesia;Strategi Probing Prompting |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 02:51 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6148 |