PEMBUATAN E-MODUL FISIKA BERBANTUAN HEYZINE FLIPBOOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMA

Hutagalung, Nazma Yanti (2024) PEMBUATAN E-MODUL FISIKA BERBANTUAN HEYZINE FLIPBOOK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203121010_Cover.pdf] Text
4203121010_Cover.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4203121010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203121010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of 4203121010_Abstrak.pdf] Text
4203121010_Abstrak.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 4203121010_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203121010_Kata_Pengantar.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 4203121010_Daftar_Isi.pdf] Text
4203121010_Daftar_Isi.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 4203121010_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203121010_Daftar_Gambar.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4203121010_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203121010_Daftar_Tabel.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 4203121010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203121010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 4203121010_BAB_I.pdf] Text
4203121010_BAB_I.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 4203121010_BAB_V.pdf] Text
4203121010_BAB_V.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 4203121010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203121010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-modul fisika berbantuan heyzine flipbook pada materi usaha dan energi yang layak untuk digunakan sebagai bahan ajar, serta untuk mengetahui respon peserta didik dan tingkat keefektifan E-modul yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Subjek penelitian ini siswa kelas X SMAN 1 Percut Sei Tuan berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan penyebaran angket serta kusioner. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh validasi ahli materi sebesar 89,7% dalam kategori sangat valid, validasi ahli media sebesar 92,9% dalam kategori sangat valid, validasi oleh guru fisika sebesar 93,9% dalam kategori sangat valid. Respon peserta didik pada uji kelompok kecil sebesar 91,5% dalam kategori sangat praktis dan uji kelompok besar sebesar 88,6% dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan perhitungan dengan rumus N-gain diperoleh skor rata-rata sebesar 0,71 yang dikategorikan tinggi. Dengan demikian E-modul yang memiliki tingkat keefektifan yang sangat tinggi sehingga memenuhi kriteria kelayakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul, Heyzine Flipbook, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Mar 2025 03:32
Last Modified: 19 Mar 2025 03:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61460

Actions (login required)

View Item
View Item