Saqinah, Nadiya (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES SISWA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4201121002_Cover.pdf
Download (218kB)
4201121002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (516kB)
4201121002_Abstrak.pdf
Download (343kB)
4201121002_Kata_Pengantar.pdf
Download (466kB)
4201121002_Daftar_Isi.pdf
Download (519kB)
4201121002_Daftar_Gambar.pdf
Download (399kB)
4201121002_Daftar_Tabel.pdf
Download (397kB)
4201121002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (400kB)
4201121002_BAB_I.pdf
Download (433kB)
4201121002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (764kB)
4201121002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (483kB)
4201121002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (657kB)
4201121002_BAB_V.pdf
Download (239kB)
4201121002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (490kB)
4201121002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian pengembangan instrumen tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik terhadap pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen tes yang layak digunakan sudah melewati tahap standar kelayakan yaitu validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Penelitian dilakukan di SMA Swasta Persiapan 2 Padang Tualang dengan subjek penelitian kelas XI IPA berjumlah sebanyak 35 siswa. Data hasil validator menggunakan Cohen’s Kappa sebesar 0,61 dengan kategori kuat. Pada penelitian ini terdapat uji skala kecil dan uji skala besar, pada uji skala kecil dari 15 soal memperoleh 10 soal valid dengan nilai reliabilitas 0,80 kategori tinggi. Kemudian pada uji skala besar dari 10 soal diperoleh 9 soal valid dengan nilai reliabilitas 0,81 kategori tinggi. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa instrumen yang dikembangkan dapat mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Instrumen tes; Pemecahan masalah; Fluida statis |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 19 Mar 2025 03:11 |
| Last Modified: | 26 Jun 2025 04:50 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61446 |
