ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 064037 MEDAN T.A 2023/2024

VERONIKA (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 064037 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111007_Cover.pdf] Text
1201111007_Cover.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 1201111007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1201111007_Abstrak.pdf] Text
1201111007_Abstrak.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 1201111007_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111007_Kata_Pengantar.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of 1201111007_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111007_Daftar_Isi.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of 1201111007_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111007_Daftar_Gambar.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 1201111007_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111007_Daftar_Tabel.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 1201111007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 1201111007_BAB_I.pdf] Text
1201111007_BAB_I.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of 1201111007_BAB_V.pdf] Text
1201111007_BAB_V.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 1201111007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (517kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi kurikulum merdeka khususnya pada perencanaan pembelajaran yaitu Modul Ajar; (2) mengetahui hambatan dan solusi yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan Modul Ajar pada pembelajaran IPAS. Subjek penelitian ini adalah Guru walikelas IV SDN 064037 Medan. Objek penelitian ini berupa implementasi guru dalam menerapkan modul ajar pada pembelajaran IPAS di SDN 064037 Medan. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif deskriptif menggunakan analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, teknik Pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan observasi dan lembar wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru sudah menyusun modul ajar dan komponen modul ajar yang telah disusun oleh guru kelas IV SDN 064037 Medan sudah sesuai dengan komponen modul ajar pada kurikulum merdeka. implementasi kurikulum merdeka dalam hal perencanaan pembelajaran yaitu modul ajar dilihat dari pelaksanaan pembelajaran kedua guru suduh cukup baik dalam menerapkan modul ajar namun perlu untuk lebih ditingkatkan kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, implementasi,pembelajaran Ipas.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 19 May 2025 01:59
Last Modified: 19 May 2025 01:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61438

Actions (login required)

View Item
View Item