Tamba, Marhasil (2016) STUDI TENTANG VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SE-KECAMATAN SITIOTIO KABUPATEN SAMOSIR T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1123111049 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. 1123111049 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
3. 1123111049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. 1123111049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
5. 1123111049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. 1123111049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. 1123111049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. 1123111049 BAB I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
12. 1123111049 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. 1123111049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Gaya mengajar guru yang monoton, kurang menerapkan komponen-komponen variasi gaya mengajar, cenderung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dalam setiap proses belajar mengajar sehingga kurang bervariasi mengakibatkan siswa kurang berminat dalam belajar, dan mengakibatkan peran aktif siswa dalam menerima pelajaran guru rendah. Guru kurang menggunakan alat peraga dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa tidak tertarik pada materi pelajaran yang diajarkan. Strategi pembelajaran guru yang kurang tepat, tidak sesuai dengan materi yang sedang diajarkan di kelas. Adanya konsep materi tertentu kurang dikuasai guru sehingga menyebabkan siswa mengantuk, ribut dan tidak mendengarkan penjelasan guru.
Guru harus paham dalam mengadakan variasi gaya mengajar dalam pembelajaran agar pembelajaran berjalan dengan baik. Indikator variasi gaya mengajar guru ini adalah penggunaan variasi suara, penggunaan media, pemusatan perhatian siswa, pemberian tugas, melakukan umpan balik, kesenyapan atau kebisuan guru, mengadakan kontak pandang, gerakan badan dan mimik dan pergantian posisi dan gerak guru di dalam kelas.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan secara sitematis, faktual dan akurat suatu fakta dan sifat dari populasi tertentu. Penelitian ini diharapkan dapat menemukan kejelasan dari suatu keadaan/populasi berupa penerapan variasi gaya mengajar guru di dalam pembelajaran di SD Negeri Se-Kec. Sitiotio, Kab. Samosir.
Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap guru-guru yang telah sertifikasi di 7 SD Negeri di Kecamatan Sitiotio yaitu: SD Negeri 2 Sabulan, SD Negeri 3 Buntu Mauli, SD Negeri 5 Cinta Maju, SD Negeri 6 Parsaoran, SD Negeri 11 Tamba Dolok, SD Negeri 13 Parsaoran, dan SD Negeri 15 Buntu Mauli tergolong baik dalam menerapkan variasi gaya mengajar dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 042 |
Keywords: | Gaya Mengajar; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 02:37 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6143 |