Ritonga, Try Putri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ADOBE FLASH CS6 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 104607 SEI ROTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1202411004_Cover.pdf
Download (44kB)
1202411004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (764kB)
1202411004_Abstrak.pdf
Download (129kB)
1202411004_Kata_Pengantar.pdf
Download (188kB)
1202411004_Daftar_Isi.pdf
Download (72kB)
1202411004_Daftar_Tabel.pdf
Download (39kB)
1202411004_Daftar_Gambar.pdf
Download (36kB)
1202411004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (88kB)
1202411004_BAB_I.pdf
Download (289kB)
1202411004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202411004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (588kB)
1202411004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
1202411004_BAB_V.pdf
Download (127kB)
1202411004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (188kB)
1202411004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash CS6 yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Dan Pengembangan Atau Research And Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VC SD Negeri 104607 Sei Rotan yang berjumlah 22 siswa. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, angket, lembar observasi, dan tes berupa soal sebanyak 20 butir soal pilihan ganda untuk pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini yaitu tingkat validasi materi dan media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash CS6 yang dikembangkan memperoleh persentase sebesar 82% dan 88% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil kepraktisan dari angket respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash CS6 diperoleh persentase sebesar 84% dan 94% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji efektifitas media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash CS6 diperoleh nilai N-Gain Score sebesar 0,65 dengan persentase 65% dengan kriteria “Cukup Efektif”. Berdasarkan perolehan nilai dan persentase diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash CS6 sudah Layak, Praktis, dan Efektif untuk digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar, Matematika |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 19 May 2025 04:01 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 09:31 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61423 |
