PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ADOBE FLASH CS6 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 104607 SEI ROTAN

Ritonga, Try Putri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ADOBE FLASH CS6 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 104607 SEI ROTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202411004_Cover.pdf] Text
1202411004_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 1202411004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202411004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (764kB)
[thumbnail of 1202411004_Abstrak.pdf] Text
1202411004_Abstrak.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 1202411004_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202411004_Kata_Pengantar.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 1202411004_Daftar_Isi.pdf] Text
1202411004_Daftar_Isi.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 1202411004_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202411004_Daftar_Gambar.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 1202411004_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202411004_Daftar_Tabel.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 1202411004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202411004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1202411004_BAB_I.pdf] Text
1202411004_BAB_I.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 1202411004_BAB_V.pdf] Text
1202411004_BAB_V.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 1202411004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202411004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (188kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash CS6 yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Dan Pengembangan Atau Research And Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VC SD Negeri 104607 Sei Rotan yang berjumlah 22 siswa. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, angket, lembar observasi, dan tes berupa soal sebanyak 20 butir soal pilihan ganda untuk pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini yaitu tingkat validasi materi dan media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash CS6 yang dikembangkan memperoleh persentase sebesar 82% dan 88% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil kepraktisan dari angket respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash CS6 diperoleh persentase sebesar 84% dan 94% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji efektifitas media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash CS6 diperoleh nilai N-Gain Score sebesar 0,65 dengan persentase 65% dengan kriteria “Cukup Efektif”. Berdasarkan perolehan nilai dan persentase diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash CS6 sudah Layak, Praktis, dan Efektif untuk digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 19 May 2025 04:01
Last Modified: 19 May 2025 04:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61423

Actions (login required)

View Item
View Item