PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARANTERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V SD 028229 BINJAI BARAT

NASUTION, TRIA AMANDA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARANTERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V SD 028229 BINJAI BARAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111159_Cover.pdf] Text
1203111159_Cover.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 1203111159_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111159_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of 1203111159_Abstrak.pdf] Text
1203111159_Abstrak.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 1203111159_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111159_Kata_Pengantar.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of 1203111159_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111159_Daftar_Isi.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 1203111159_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111159_Daftar_Gambar.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1203111159_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111159_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1203111159_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111159_Daftar_Lampiran.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1203111159_BAB_I.pdf] Text
1203111159_BAB_I.pdf

Download (614kB)
[thumbnail of 1203111159_BAB_V.pdf] Text
1203111159_BAB_V.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 1203111159_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111159_Daftar_Pustaka.pdf

Download (265kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila, dengan 63 % siswa belum mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Hal ini disebabkan oleh kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran yang kurang menarik, yang menyebabkan siswa merasa bosan dan jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pair Check berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila di Kelas V SD 028229 Binjai Barat. Penelitian ini dilakukan di SD 028229 Binjai Barat menggunakan metode penelitian Eksperimen Kuasi (Quasi Experimental Design) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SD 028229 Binjai Barat yang terdiri dari 2 kelas yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 45 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 46,95 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah sebesar 50,90. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 84,35 sedangkan kelas kontrol 69,09 sehingga penerapan model pembelajaran Pair Check berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar nilai 0,000<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Pair Check berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila di kelas V SD 028229 Binjai Barat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Pair Check, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 28 May 2025 03:12
Last Modified: 28 May 2025 03:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61419

Actions (login required)

View Item
View Item