PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION READ, RECITE, RIVIEW (SQ3R) BERBANTUAN KAMUS DIGITALUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 060863 MEDAN TIMUR

PASARIBU, TRI KURNIASIH (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION READ, RECITE, RIVIEW (SQ3R) BERBANTUAN KAMUS DIGITALUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 060863 MEDAN TIMUR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311108_Cover.pdf] Text
1203311108_Cover.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 1203311108_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311108_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 1203311108_Abstrak.pdf] Text
1203311108_Abstrak.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of 1203311108_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311108_Kata_Pengantar.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 1203311108_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311108_Daftar_Isi.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 1203311108_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311108_Daftar_Gambar.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 1203311108_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311108_Daftar_Tabel.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1203311108_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311108_Daftar_Lampiran.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 1203311108_BAB_I.pdf] Text
1203311108_BAB_I.pdf

Download (725kB)
[thumbnail of 1203311108_BAB_V.pdf] Text
1203311108_BAB_V.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 1203311108_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311108_Daftar_Pustaka.pdf

Download (351kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Survey,
Question, Read, Recite, Riview (SQ3R) Berbantuan Kamus Digital Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SDN 060863 Medan Timur. Jenis
penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan two group
pretestposttest. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive
sampling sebanyak 2 kelas yaitu Kelas IV-A sebagai kelas kontrol dengan
penerapan metode ekspositori dan kelas IV-B sebagai kelas Eksperimen dengan
Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Riview (SQ3R) Berbantuan
Kamus Digital. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui tes
sebanyak 10 butir soal bahasa Indonesia materi keindahan alam berbentuk essay.
Hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu sebesar
38,89 dan meningkat menjadi 83,52 saat diberikan posttest. Sedangkan nilai ratarata
pretest kelas kontrol sebesar 40,37 dan nilai rata-rata posttest meningkat
menjadi 70,19. Teknik analisis data yaitu uji hipotesis (uji t) menggunakan uji
independent samples t memperoleh nilai sig. (2 –tailed) < 0.05 maka H0 ditolak
dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran
Survey, Question, Read, Recite, Riview (SQ3R) Berbantuan Kamus Digital
memberi pengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran
bahasa Indonesia materi Keindahan Alam di kelas IV SDN 060863 Medan Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: SQ3R, Hasil Belajar, Kamus Digital
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 28 May 2025 03:12
Last Modified: 28 May 2025 03:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61415

Actions (login required)

View Item
View Item