PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS DESKRIPSI BERBASIS KEARIFAN LOKAL SISWA KELAS VII MTS NEGERI 2 PADANG LAWAS UTARA

Siregar, Wahyuni (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS DESKRIPSI BERBASIS KEARIFAN LOKAL SISWA KELAS VII MTS NEGERI 2 PADANG LAWAS UTARA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216191001_Cover.pdf] Text
8216191001_Cover.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 8216191001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216191001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 8216191001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216191001_Kata_Pengantar.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of 8216191001_Abstrak.pdf] Text
8216191001_Abstrak.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of 8216191001_Daftar_Isi.pdf] Text
8216191001_Daftar_Isi.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of 8216191001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216191001_Daftar_Tabel.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of 8216191001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216191001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of 8216191001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216191001_Daftar_Gambar.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 8216191001_BAB_I.pdf] Text
8216191001_BAB_I.pdf

Download (968kB)
[thumbnail of 8216191001_BAB_V.pdf] Text
8216191001_BAB_V.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of 8216191001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216191001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (613kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui(1) Proses Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Deskripsi Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas VII Mts Negeri 2 Padang Lawas Utara, (2) Kelayakan Bahan Ajar Menulis Teks Deskripsi Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas VII Mts Negeri 2 Padang Lawas Utara, (3) Efektivitas Bahan Ajar Menulis Teks Deskripsi Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas VII Mts Negeri 2 Padang Lawas Utara. metode penelitian yang digunakan teori Borg and Gall yaitu Penelitian Dan Pengumpulan Informasi, Perencanaan, Mengembangkan Produk Awal, Pengujian Lapangan Awal, Revisi Produk, Uji Coba Lapangan, Revisi, Uji Lapangan Operasional, Revisi Produk Akhir, Desiminasi Dan Implementasi Produk. Subjek uji coba 3 orang peserta didik sebagai uji coba perorangan, 9 peserta didik sebagai uji coba kelompok kecil dan 31 peserta didik sebagai uji coba kelompok terbatas. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan tes menulis teks deskripsi. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) validasi matari kelayakan isi mendapatkan ratarata 86,4% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian 86,4% kriteria sangat baik dan kelayakan bahasa mendapatkan nilai rata-rata 88% kriteria sangat baik dan 2) ahli desain mendapatkan nilai rata-rata 88,3% kriteria sangat baik. 3) respon guru dengan rata-rata 89%. 4) uji coba perorangan 89, 5) uji coba kelompok kecil 89,6 dan 6) uji coba kelompok terbatas mendapatkan nilai rata- rata 91 kriteria sangat baik. Hasil perolehan pretest sebesar 70,61 dengan kategori kurang baik dan posttest mendapatkan nilai 82,25 kategori baik. Nilai menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap hasil belajar dengan perbedaan 11,64. Dengan demikian bahan ajar menulis teks deskripsi berbasis kearifan lokal Padang Lawas Utaradapat di gunakan sebagai fasilitas pendukung pembelajaran teks deskripsi dikelas yang efektif dan praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 410.72 Ros p
Keywords: Bahan Ajar, Teks Deskripsi, Kearifan Lokal Padang Lawas Utara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Mar 2025 07:53
Last Modified: 23 Apr 2025 05:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61402

Actions (login required)

View Item
View Item