PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS CERITA INSPIRATIF BERMUATAN NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN BERBANTUAN BOOK CREATOR DI KELAS IX SMP NEGERI 7 MEDAN

Desiani, Khoirunnisa (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS CERITA INSPIRATIF BERMUATAN NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN BERBANTUAN BOOK CREATOR DI KELAS IX SMP NEGERI 7 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226191001_Cover.pdf] Text
8226191001_Cover.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 8226191001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226191001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226191001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226191001_Kata_Pengantar.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 8226191001_Abstrak.pdf] Text
8226191001_Abstrak.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 8226191001_Daftar_Isi.pdf] Text
8226191001_Daftar_Isi.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 8226191001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226191001_Daftar_Tabel.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 8226191001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226191001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 8226191001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226191001_Daftar_Gambar.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 8226191001_BAB_I.pdf] Text
8226191001_BAB_I.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of 8226191001_BAB_V.pdf] Text
8226191001_BAB_V.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 8226191001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226191001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pengembangan bahan ajar
teks cerita inspiratif bermuatan nilai-nilai kepemimpinan berbantuan book creator
di kelas IX SMP Negeri 7 Medan, (2) kelayakan bahan ajar teks cerita inspiratif
bermuatan nilai-nilai kepemimpinan berbantuan book creator di kelas IX SMP
Negeri 7 Medan, (3) keefektifan bahan ajar teks cerita inspiratif bermuatan nilainilai
kepemimpinan berbantuan book creator di kelas IX SMP Negeri 7 Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan
model pengembangan Thiagarajan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
angket dan tes tertulis berbentuk uraian pada materi teks cerita inspiratif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan bahan ajar sesuai
tahapan yang berurut berlangsung dengan baik, (2) kelayakan bahan ajar materi
teks cerita inspiratif yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan
berdasarkan validasi ahli materi dan ahli desain. Ahli materi meliputi aspek
kelayakan isi, bahasa, dan penyajian memperoleh skor rata-rata 83,51% dengan
kriteria sangat baik. Ahli desain meliputi aspek kelayakan kegrafikan memperoleh
skor rata-rata 90% dengan kriteria sangat baik. Uji coba kelompok kecil
memperoleh skor rata-rata 84,12% dengan kriteria sangat baik. Uji coba
kelompok besar memperoleh skor rata-rata 91,03% dengan kriteria sangat baik,
(3) keefektifan bahan ajar materi teks cerita inspiratif menunjukkan peningkatan
sebesar 51,26% dari hasil pretest 30% menjadi hasil posttest 81,26%. Pada
penelitian ini memiliki nikai-nilai kebaruan berupa akademik, yakni bahan ajar
teks cerita inspiratif bermuatan nilai-nilai kepemimpinan berbantuan book creator.
Terdapat juga nilai kebaruan praktis, yakni penggunaan media book creator dipilih
sebagai inovasi pembelajaran di era revolusi industri dengan bantuan teknologi
digital sehingga siswa mampu belajar secara mandiri dan meningkatkan semangat
belajar siswa melalui nilai-nilai audio-visual yang terdapat pada bahan ajar
tersebut. Nilai kebaruan terakhir adalah teknologi, yakni produk bahan ajar berupa
modul teks cerita inspiratif bermuatan nilai-nilai kepemimpinan berbantuan book
creator di kelas IX SMP Negeri 7 Medan. Keseluruhan hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa bahan ajar materi teks cerita inspiratif dinyatakan telah layak
dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: bahan ajar, teks cerita inspiratif, media book creator
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Indonesia - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Mar 2025 06:27
Last Modified: 18 Mar 2025 06:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61386

Actions (login required)

View Item
View Item