PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PELATIHAN BERBASIS INITIATION, CASE, ASSIGNMENT, STRENGTHENING (ICAS) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMP

Ismeini, Rini (2024) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PELATIHAN BERBASIS INITIATION, CASE, ASSIGNMENT, STRENGTHENING (ICAS) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206132002_Cover.pdf] Text
8206132002_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 8206132002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206132002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8206132002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206132002_Kata_Pengantar.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 8206132002_Abstrak.pdf] Text
8206132002_Abstrak.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 8206132002_Daftar_Isi.pdf] Text
8206132002_Daftar_Isi.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 8206132002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206132002_Daftar_Tabel.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 8206132002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206132002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 8206132002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206132002_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8206132002_BAB_I.pdf] Text
8206132002_BAB_I.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 8206132002_BAB_V.pdf] Text
8206132002_BAB_V.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 8206132002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206132002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (317kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan model manajemen pelatihan berbasis Initiation, Case, Assignment, Strengthening (ICAS) berdasarkan ahli materi, ahli desain, respon guru (2) mengetahui efektivitas model manajemen pelatihan berbasis Initiation, Case, Assignment, Strengthening (ICAS). Penelitian ini dilakukan di SMP N 11 Medan pada bulan Juni-Oktober 2023, dengan teknik analisis data deskriptif. Pengembangan model pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan Four-D (4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefenisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development) dan penyebaran (Disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan wawancara, angket dan kuisioner yang dianalisis secara deskriptif. Populasi penelitian adalah guru SMP N 11 Medan, dengan sampel 30 guru. Produk yang dihasilkan salam penelitian ini adalah model manajemen pelatihan berbasis Initiation, Case, Assignment, Strengthening (ICAS). Kelayakan model dinilai oleh ahli validasi. Hasil penilaian ahli materi menunjukkan dalam kategori sangat baik dengan rata-rata persentase 90,05% (sangat baik), ahli desain 90,50% (sangat baik), responden guru sebesar 91,6% (sangat baik). Uji efektivitas model dengan hasil nilai diketahui thitung= 3.263 sementara itu ttabel = 2,042. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model manajemen pelatihan berbasis Initiation, Case, Assignment, Strengthening (ICAS) efektif digunakan dilihat dari aktivitas pelatihan terhadap pelaksanaan pelatihan berada pada kategori sangat baik, dikatakan praktis berdasarkan respons positif peserta pelatihan berada pada kategori sangat baik, dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensi berdasarkan hasil evaluasi belajar. Selanjutnya model manajemen pelatihan berbasis Initiation, Case, Assignment, Strengthening (ICAS) dapat digunakan dalam pelaksanaan pelatihan terhadap guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Ism p
Keywords: Model pelatihan, ICAS, kompetensi, profesionalitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Mar 2025 05:05
Last Modified: 21 Apr 2025 07:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61377

Actions (login required)

View Item
View Item