Zulvani, Nabilla Putri (2024) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN INTERAKSI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK PRAYATNA 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7183342004_Cover.pdf
Download (381kB)
7183342004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7183342004_Abstrak.pdf
Download (833kB)
7183342004_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7183342004_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
7183342004_Daftar_Gambar.pdf
Download (358kB)
7183342004_Daftar_Tabel.pdf
Download (360kB)
7183342004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (438kB)
7183342004_BAB_I.pdf
Download (2MB)
7183342004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
7183342004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
7183342004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
7183342004_BAB_V.pdf
Download (631kB)
7183342004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7183342004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Masalah penelitian ini adalah “ada tidaknya pengaruh antara interaksi
sosial dan interaksi pembelajaran terhadap hasil belajar akuntasi SMK
PRAYATNA 1 MEDAN T.A 2022/2023”. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara interaksi sosial dan interaksi
pembelajaran terhadap hasil belajar akuntasi SMK PRAYATNA 1 MEDAN
T.A 2022/2023”
Penelitian ini dilaksanakan di SMK PRAYATNA 1 MEDAN. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 1 dan 2 pada semester Genap
2022/2023 sebanyak 52 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan
menggunakan total sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 52
siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan
wawancara dan angket. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan
teknik analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi25, validitas tes diuji
dengan menggunakan product moment dengan hasil 32 soal valid. realiabilitas
tes dengan menggunakan rumusan cronbach alpha dengan hasil interaksi sosial
adalah 0.984 dan untuk interaksi pembelajaran adalah 0.916.
Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier beganda Y =
52.009 + 0,141X1 + 0.211X2 + e. Teknik analisis data yang di gunakan adalah
uji t pada tarif signifikansi 0,05 hasil yang diperoleh menunjukan interaksi sosial
memiliki nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,026 > 0,05) dan t-hitung
(2,290) > t tabel (1,676), sehingga ditemukan bahwa interaksi sosial secara
parsial berpengaruh terhadap hasil belajar, dan interaksi pembelajaran memiliki
nilai signifikansi (0,000 < 0,05) dan t-hitung (5.229) > t tabel (1,676), sehingga
ditemukan bahwa interaksi pembelajaran (X1) secara parsial berpengaruh hasil
belajar (Y) siswa. Maka, hipotesis 2 dapat diterima. Hasil yang di peroleh uji F
menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil
belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Prayatna 1 Medan dipengaruhi secara
signifikan oleh interaksi sosial (X1) dan interaksi pembelajaran (X2). Kemudian
dihitung nilai R Square, yang menghasilkan nilai yang menunjukkan pengaruh
sebesar 0,767, atau 76,7%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial
dan interaksi pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa
kelas XI SMK Prayatna 1 Medan T.A. 2022/2023.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Interaksi Sosial,Iinteraksi Pembelajaran dan Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 18 Mar 2025 04:48 |
| Last Modified: | 21 Jun 2025 05:38 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61373 |
